Realisasikan Pelatihan Pembuatan Pakan, Susilowati: Bangun Kemandirian dan Kesejahteraan

 84 pembaca

TULUNGAGUNG – Ketua Komisi B DPRD Tulungagung Susilowati kembali merealisasikan program pelatihan pembuatan pakan ternak.

Terbaru, program kemandirian bagi para peternak itu dilaksanakan di Desa Tanggul Turus Kecamatan Besuki dan Desa Bantengan Kecamatan Bandung.

“Bekerjasama sama dengan Disnakkeswan Tulungagung, kita realisasikan program pelatihan pembuatan pakan ternak kambing (silase) di 2 wilayah,” kata Susilowati di Tulungagung, Rabu (21/9/2022).

Menurut Susi, pelatihan pembuatan pakan ternak, merupakan hasil dari aspirasi masyarakat yang telah diserap oleh anggota DPRD Tulungagung khususnya Komisi B.

Program pelatihan itu, lanjutnya, disambut dengan antusias yang tinggi dari para peternak terbukti para peserta berpartisipasi aktif dengan berdiskusi dan praktik membuat silase untuk pakan kambing.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pakan alternatif untuk ternak selain pakan ternak hijauan, sehingga peternak bisa lebih mandiri,” ujarnya.

Selain itu, pelatihan pembuatan pakan ternak juga untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peternak dalam membuat olahan pakan yang mempunyai peran yang berpengaruh lebih jika dibandingkan dengan pakan biasa.

Pembuatan pakan silase dapat menjadi alternatif solusi dalam mengurangi frekuensi pemberian pakan hijauan, yang memerlukan tenaga lebih. Artinya pakan silase memiliki peranan yang baik untuk ukuran kambing dan menjadi pakan yang dapat tahan lama.

“Dengan pelatihan ini, peternak mempunyai peluang untuk menjual hasil pembuatan pakan silase, sehingga menjadi peluang bisnis dalam dunia perternakan yang berkelanjutan,” jelasnya.

Wanita yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan ini menambahkan, pengawalan terhadap program-program kerakyatan merupakan komitmen dari semua kader partai.

Apalagi, program-program yang menyangkut tentang kemandirian dan kesejahteraan masyarakat harus menjadi prioritas. “Membangun kemandirian dan kesejahteraan masyarakat adalah program ideologis partai, sebagai kader wajib mengawal itu semua,” tegas Susi.

Sebagai wakil rakyat, Susi berharap, melalui kegiatan program pembuatan pakan ternak itu, masyarakat peternak di Tulungagung bisa lebih berdaya dan bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka.

“Harapan saya, program seperti ini bisa terus berkelanjutan sehingga bisa meningkatkan pendapatan dari petani atau peternak di Tulungagung,” tutupnya.

Sekedar informasi, pelatihan pembuatan pakan ternak kambing di Desa Tanggul Turus Kecamatan Besuki dan Desa Bantengan Kecamatan Bandung dilaksanakan pada Rabu (14/9/2022) pekan lalu.

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Pertanian, untuk mencegah merebaknya wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) untuk sementara pemerintah melarang pemberian bantuan berupa bibit maupun indukan ternak.

Sehingga bantuan bibit atau indukan ternak, diganti dengan alat untuk membuat pakan seperti mesin pencacah atau copper, hand sprayer dan bahan baku pembuatan pakan. (sin/pr)

Tinggalkan Balasan