oleh

PDIP dan LDP Topang dan Perkuat Kerja Sama RI-Jepang

JAKARTA – PDI Perjuangan dan Liberal Demokratic Party (LDP) bersepakat turut menopang dan memperkuat kerja sama negara Indonesia- Jepang, yang sudah terjalin selama ini.

“Hubungan baik kedua negara tidak hanya dari aspek kebudayaan. Tapi juga dari sisi investasi.Jepang adalah negara terbesar kedua yang menanamkan investasi di Indonesia,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, saat bertemu dengan beberapa anggota LDP, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, kemarin.

Rombongan dari LDP dipimpin langsung Ketua Dewan Riset Kebijakan LDP Jepang, Motegi Toshimitsu.

Dalam pertemuan yang diikuti beberapa fungsionaris DPP PDIP ini, Hasto mengatakan dalam bidang ekonomi dan perdagangan, kerja sama dengan Jepang merupakan terbesar ke tiga dari sisi impor dan ekspor.

Hasto menekankan pentingnya kerja sama kedua pemerintahan di berbagai bidang dan kerja sama antara kedua partai politik. “Kita juga ingin mendorong program kerja sama kepala daerah yang diusung PDIP dan LDP,” tambah Hasto.

Saat pertemuan, Hasto juga menyampaikan salam dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang tidak bisa menyambut karena sedang ada di luar negeri.

Hasto menyampaikan pesan Megawati bahwa Indonesia dan Jepang adalah dua negara yang punya kerja sama strategis dan itu sudah berjalan cukup lama.

“Beliau menyampaikan sebagai hubungan baik kedua negara, Presiden Joko Widodo sudah enam kali melakukan pertemuan dengan PM Jepang Yang Mulia Sinzho Abe dalam dua tahun terakhir ini,” kata Hasto.

Sementara itu, Motegi Toshimitsu menyatakan kesannya yang mendalam karena begitu masuk DPP PDIP bisa berfoto bersama Sekjen PDIP di depan gambar Bung Karno.

“Sejak tahun 1945, sejak Soekarno menjabat Presiden pertama Indonesia, sudah membawa perkembangan besar, pemimpin yang diperhitungkan di Asia,” katanya.

Menurut Motegi, semangat Soekarno tentu diwariskan ke PDIP saat ini dalam setiap langkah dan semangat perjuangannya. Terkait dengan kerja sama antara keduanya, memang ada banyak yang bisa terus ditingkatkan.

“Jepang ingin meningkatkan kerja sama dalam pembangunan infrastruktur bermutu tinggi, khususnya di bidang listrik dan perhubungan,” ungkapnya.

Motegi mengapresiasi langkah PDIP yang turut membangun komunikasi untuk meningkatkan kerja sama dengan partai lain di beberapa negara. (goek)

rekening gotong royong