oleh

Mega Minta Jokowi Perjuangkan Kebun Raya Lebih Mendunia

-Berita Terkini, Kronik-26 kali dibaca

OLYMPUS DIGITAL CAMERACIANJUR – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ingin kebun raya di Indonesia bisa lebih mendunia. Untuk itu, dia akan minta Joko Widodo setelah resmi menjabat Presiden RI agar memperjuangkan kebun raya di tanah air berkelas internasional.

Megawati yang juga Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) mengatakan, setelah Jokowi dilantik jadi presiden 20 Oktober nanti, salah satu harapannya adalah perhatian pemerintah terhadap kebun raya. “Kalau (Jokowi) mau jadi presiden sukses, lingkungan hidup betul-betul harus diperjuangkan. Bagian kecilnya itu kebun raya,” kata Megawati, saat berkunjung di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat, Selasa (30/9/2014).

Perhatian lebih terhadap kebun raya tidak hanya kepada pemerintah. Mega berharap kalangan swasta juga ikut cawe-cawe dalam upaya pengembangan kebun raya yang saat ini sebagian besar masih dikelola pemerintah.

Dalam penjelasannya kepada wartawan, Megawati menyayangkan belum optimalnya fungsi kebun raya di tanah air saat ini. Dia berharap nantinya kebun raya punya fasilitas lebih lengkap, seperti restoran, dan taman bermain anak.

“Alangkah indah kalau kita jalan-jalan di sini bisa melobi sambil minum teh. Kenapa tidak? Jadi budaya baru. Di mana-mana kebun raya yang saya lihat, London, Australia, Perth, itu pasti ada restoran, shop, ruangan lecture lalu ada bagian masyarakat mendaftarkan diri jadi sukarelawan,” ungkapnya.

Megawati menambahkan, kebun raya di Indonesia kaya akan tanam-tanaman yang khas yang tak bisa ditemukan di negara-negara manapun di dunia. Kondisi yang demikian saja, menurut Megawati sudah menjadi nilai tambah kekayaan alam, apalagi jika dioptimalkan dengan baik. (pri/*)

sumber foto: diekz.files.wordpress.com