oleh

Luncurkan SI PESAT, Bupati Karna Targetkan SDM Unggul Desa

-Kronik-48 kali dibaca

SITUBONDO – Bertempat di Balai Desa Pasir Putih, Bupati Situbondo, Karna Suswandi meluncurkan aplikasi “SI PESAT” (Sistem Informasi Masyarakat Terpadu). Bupati Karna mengatakan, Situbondo sedang berupaya mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik, terutama masyarakat di desa, biar lebih dekat dan lebih mudah dijangkau.

“Program ini kami luncurkan agar masyarakat lebih mudah mendapat pelayanan dari kami, untuk mengurus keperluan administrasi. Saat ini masyarakat cukup di kantor desa saja. Tidak perlu ke kecamatan apalagi sampai ke dinas,” ujar Karna, Kamis (10/6/2021).

Bupati yang diusung PDI Perjuangan ini juga menjelaskan, SI PESAT merupakan platform pelayanan publik yang berfokus terhadap pelayanan di tingkat pemerintah desa.

“Beberapa layanan yang bisa dinikmati dalam aplikasi SI PESAT antara lain surat pengantar SKCK, surat pembuatan perijinan usaha, surat pindah dalam kota maupun luar kota, pembuatan Kartu Keluarga, KTP dan akte kelahiran,” jelas Karna.

Dengan demikian, tambah Karna, proses administratif pelayanan masyarakat di desa, bisa jauh lebih mudah, efektif, efisien, tanggap, dan tansparan. Disebutkan pula, telah ada 63 desa dan 4 kelurahan di 8 kecamatan, yang siap menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, tata kelola administrasi pemerintah yang terintegrasi dalam aplikasi SI PESAT itu, membuka kesemapatan bagi warga desa dan pemerintah desa, untuk bersama-sama belajar memanfaatkan teknologi, guna menuju Sumber Daya Manusia unggul. Dengan SDM yang unggul, desa dapat terus melahirkan inovasi agar desa semakin kuat, mandiri dan sejahtera.

“Modernisasi pelayanan publik sudah menjadi role model di kota-kota besar saat ini. Kami juga sudah memulainya dengan hadirnya SI PESAT ini. Kini Masyarakat tidak perlu ribet urusan administrasi,” pungkas Karna. (ryo/set)