oleh

Lomba dan Festival Sesaji Nusantara, LP2BN Tulungagung Suguhkan Sesaji Anggoro Kencana

TULUNGAGUNG – Sebelum acara puncak kirab Tumpeng Agung Nusantara “Gotong Royong” ke XI di Candi Palah Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Lembaga Pelindung dan Pelestari Budaya Nusantara (LP2BN) pusat juga menggelar lomba dan festival sesaji Nusantara.

Pada lomba dan festival sesaji Nusantara itu, LP2BN Tulungagung membawa sesaji yang bertema cok bakal dengan nama “Sesaji Anggara Kencana”.

“Dari Tulungagung membawakan sesaji tema cok bakal dengan nama sesaji anggoro kencono,” jelas Ketua LP2BN Tulungagung KRT Adika Pratomonegoro, di Tulungagung, Senin (27/6/2022).

Pria yang juga menjadi Ketua Komisariat Seni dan Budaya Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Tulungagung ini menambahkan, lomba dan festival sesaji Nusantara merupakan rangkaian acara kirab Tumpeng Agung Nusantara “Gotong Royong” ke-XI yang puncak acaranya diselenggarakan hari ini.

“Hasil koordinasi kemarin, kirab Tumpeng Agung Nusantara “Gotong Royong” ke-XI rencananya bakal dihadiri Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua DPR RI Puan Maharani,” terangnya.

Terkait dengan Sesaji Anggoro kencono, kata Adika, adalah jenis sesaji untuk ruwat yang sudah lama ada di Tulungagung.

Dan sesaji Anggara Kencana adalah sesaji ruwatan untuk diri sendiri dengan maksud untuk membuang sial atau ketidakberuntungan dalam diri sendiri.

Dia menjelaskan, sesaji Anggoro Kencono terdiri dari beras, udhik-udhik atau uang penebusan, ayam hidup, lele hidup, kelapa utuh, sandal kayu atau tiklek, gantal yang diikat dengan simpul tali wangsul, lawe mateng yang digulingkan di kayu sawo kecil, kembang telon, kembang setaman atau manca warna, daun dhadhap srep, gula Jawa setangkep, pisang raja setangkep, duri pohon jarak dan telur ayam.

“Anggara Kencana itu dari kata Anggara Reksa Kencana. Angga yang artinya badan, reksa artinya mengupayakan dan kencana artinya emas,” jelasnya.

Secara lengkap makna dari sesaji Anggara Kencana adalah sesaji yang dilakukan diri sendiri untuk mengupayakan kebaikan pada diri supaya menjadi lebih baik. Bebas dari segala kesialan dan ketidak beruntungan dalam hidup.

Untuk diketahui, acara lomba festival sesaji Nusantara oleh LP2BN Pusat, diselenggarakan pada, Sabtu (25/6/2022) kemarin.

Acara itu merupakan rangkaian dari Kirab Tumpeng Agung “Gotong Royong” ke-XI dalam rangka memperingati hari peresmian Candi Palah Penataran ke- 825 yang dilaksanakan Senin hari ini. (sin/pr)