Layanan Online Adminduk Pemdes Tumpeng, Sinung Sudrajad: Layak jadi Percontohan

 507 pembaca

BONDOWOSO – Aplikasi online milik Pemerintah Desa (pemdes) Tumpeng tidak sekadar untuk melayani pembuatan administrasi kependudukan (adminduk). Aplikasi buatan warga juga memuat data primer desa yang diperbarui secara berkala.

Wakil ketua DPRD Bondowoso Sinung Sudrajad SSos melakukan kunjungan kerja ke Desa Tumpeng Kecamatan Wonosari, Jumat (11/2/2022). Hadir bersama Sinung Sudrajad, yaitu Kepala Dinas Kominfo dan Camat Wonosari. Kunjungan untuk melihat proses pelayanan administrasi kependudukan berbasis online desa setempat.

Aplikasi tersebut bernama SIMDES. Aplikasi dibuat oleh putra daerah setempat yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa. Pada awal pembuatan, aplikasi menghabiskan dana relatif terjangkau, kisaran Rp 10 juta. Sementara untuk maintenance per tahunnya hanya merogoh kocek sebesar Rp 3 juta dari dana desa.

Menurut Sinung Sudrajad, aplikasi SIMDES benar-benar membantu jalannya pemerintahan desa dalam sistem pelayanan kepada masyarakat. Khususnya dalam urusan surat menyurat administrasi kependudukan mulai dari KTP, surat domisili dan surat keterangan lainnya.

“Pelayanannya 24 jam penuh. Dimanapun dan kapanpun, masyarakat desa tumpeng butuh surat menyurat bisa terlayani melalui aplikasi SIMDES,” kata Sinung Sudrajad.  

“Demikian juga dengan data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), tingkat kemiskinan, Covid-19 dan data primer lainnya senantiasa di-update secara berkala,” imbuh Sinung Sudrajad yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Bondowoso.

Sinung Sudrajad berharap aplikasi SIMDES ini menjadi pilot project atau proyek percontohan desa-desa lain di Kecamatan Wonosari yang bermuara pada tugas-tugas seperti halnya Dinas Kominfo. Sehingga ketika data SIMDES terupdate secara berkala secara otomatis akan masuk ke data kabupaten. Mengingat, basis data di kabupaten diambil dari desa.

“Data-data apapun yang diminta kabupaten atau pemerintahan di atasnya, setiap saat bisa dikirim dan validasinya terjamin. Sehingga bisa dikatakan Kepala Desa Tumpeng mampu mewujudkan pelayanan maksimal kepada rakyatnya,” pungkas Sinung Sudrajad dalam sambutannya pada acara itu. (isa/hs)