oleh

Kunjungi de Djawatan, Puan: Terus Jaga dan Lestarikan Pohon Indonesia

-Berita Terkini, Kronik-25 kali dibaca

BANYUWANGI – Di sela kunjungannya ke Banyuwangi, Ketua DPR RI Puan Maharani, menyempatkan diri mengunjungi sejumlah destinasi wisata, Selasa (2/3/2021). Salah satunya Wisata De Djawatan di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring.

Puan melihat langsung penerapan protokol kesehatan yang diterapkan di destinasi dengan panorama pepohonan trembesi raksasa berusia ratusan tahun itu. 

“Tempatnya sangat indah dan rindang. Dan yang terpenting dalam kondisi saat ini adalah tetap terapkan protokol kesehatan,” kata Puan. 

Di tempat yang instagramable ini Puan berkeliling melihat pohon-pohon tua tersebut. “Jaga dan rawat terus pohon-pohon ini, agar masih bisa dinikmati anak cucu kita,” tuturnya. 

Ketua DPP PDI Perjuangan ini juga menorehkan pesan tertulis pada kertas kanvas  yang disediakan pengelola, “Terus Jaga dan Lestarikan Pohon Indonesia untuk Indonesia”. 

Di Djawatan terdapat sekitar 805 pohon yang telah berumur sekitar 100-150 tahun. Pohon-pohon tersebut rata-rata berukuran keliling antara 400-500 centimeter, dengan  diameter mencapai 1,5 meter hingga 2 meter.

De Djawatan merupakan salah satu destinasi favorit di Banyuwangi, karena menyajikan latar belakang instagramable yang disebut-sebut mirip Hutan Fangorn di film The Lord of The Rings. 

Saat ini, hutan yang dikelola Perhutani bekerja sama dengan Dinas Pariwisata  Banyuwangi ini menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Puan sendiri tiba di Banyuwangi sejak, Senin (1/3/2021). Sebelumnya Puan telah berkeliling ke sejumlah kantor untuk melihat proses pelayanan publik. 

Seperti mengunjungi kantor Desa Sukojati, Kecamatan Blimbingsari. Di kantor tersebut, Puan menyaksikan secara langsung bagaimana aparat desa melayani berbagai kebutuhan masyarakat lewat program Smart Kampung, yaitu program digitalisasi pelayanan publik di tingkat desa yang digeber Pemkab Banyuwangi beberapa tahun terakhir. 

Puan juga sempat ngopi di Sanggar Genjah Arum, dan mengunjungi beberapa tempat lainnya di Banyuwangi. (goek)