oleh

Kendang Jimbe Kota Blitar Mendunia, Erma Susanti: Wujud Trisakti Bung Karno

-Legislatif-36 kali dibaca

BLITAR – Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Erma Susanti mengapresiasi sentra produksi Kendang Jimbe di Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar yang telah berhasil menembus pasar internasional.

Hal itu dia ungkapkan saat melakukan kunjungan bersama jajaran pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Blitar dan pengurus Ranting setempat.

Menurut dia, sentra kendang jimbe ini selain telah mengangkat ekonomi kerakyatan juga menorehkan prestasi gemilang terhadap Kota Blitar, karena mampu mengekspor sendiri hasil produk kerajinan tangan tersebut.

“Produksi Kendang Jimbe yang ada di Kelurahan Sentul ini, menurut saya adalah salah satu perwujudan dari Trisakti Bung Karno, berdikari di bidang ekonomi, yang dibangun dengan kesadaran gotong royong oleh masyarakat sekitar,” kata Erma, Senin (7/6/2021).

Saat ini sentra produksi Kendang Jimbe yang ada di Kelurahan tersebut telah berhasil menembus pasar internasional. Salah satunya adalah dengan mengekspor Kendang Jimbe ke Negeri Tirai Bambu, China.

Erma menilai hal itu dapat terwujud di Kelurahan Sentul karena adanya pemahaman yang tuntas di kalangan masyarakat tentang pentingnya berdikari di bidang ekonomi.

Oleh karena itu, masyarakat secara serentak dan mayoritas memiliki aktivitas perekonomian dengan memproduksi Kendang Jimbe sehingga Kelurahan Sentul berhasil merebut merk sebagai sentra produksi Kendang Jimbe yang ada di Kota Blitar.

“Dan lagi, dengan capaian ini maka Kelurahan Sentul sudah layak menjadi kelurahan percontohan yang sesuai dengan tema pada peringatan Bulan Bung Karno kali ini, yaitu Desa Maju Indonesia Kuat Berdaulat,” imbuhnya.

Dia berharap, pelaku usaha Kendang Jimbe yang ada di Kelurahan Sentul tersebut dapat menjaga ritme kontinuitas produksi dan mempertahankan kualitas produk sehingga prestasi yang ada saat ini akan terus berkembang dan berdampak positif bagi ekonomi masyarakat. (arif/pr)

Komentar