Kebiasaan Berbagi Itu Dilakoni Gunawan Sejak 1991 hingga Kini

 158 pembaca

MALANG – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur H Gunawan mengatakan, bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk menguatkan semangat berbagi dan bergotong-royong di tengah-tengah masyarakat.

Dia menceritakan bahwa dirinya sudah lama bergelut dalam kegiatan sosial-kemasyarakatan sejak tahun 1991. Sebagai seorang aktivis sosial, dia aktif turun dalam membantu masyarakat dan berlanjut sampai sekarang.

“Saya sudah melakukan hal-hal semacam ini sejak tahun 1991, jauh sebelum saya menjadi anggota DPRD Provinsi. Kegiatan seperti ini rutin saya adakan setiap bulan Ramadhan untuk berbagi kepada sesama,” ungkap Gunawan, Senin (3/5/2021).

“Ini sudah jadi kebiasaan saya untuk berbagi untuk membantu masyarakat miskin dan membutuhkan, serta anak yatim, supaya mereka bisa ikut menikmati hari raya,” tambah Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini.

Berbagai kegiatan sosial yang telah ia laksanakan di Bulan Ramadhan tahun ini, di antaranya pemberian bantuan kepada korban gempa di Desa Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, pada Jumat (30/4/2021) lalu.

Kegiatannya di Desa Tirtomarto itu untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa. Yakni dengan memberikan bahan kebutuhan makanan sehari-hari, yakni 400 paket sembako.

“Bantuan ini sifatnya temporer, dan karena warga masih di pengungsian, sehingga mereka butuh kelangsungan hidupnya. Inilah yang perlu menjadi perhatian kita bersama,” terangnya.

“Supaya mereka ini jangan sampai kelaparan, kebutuhannya tercukupi. Sampai dengan bantuan pemerintah berupa renovasi rumah ini bisa turun,” tambah Gunawan.

Keesokan harinya, Gunawan kembali melakukan kegiatan bakti sosial. Kali ini bertempat Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Malang, Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, pada Sabtu (1/5/2021).

Kegiatan Baksos ini berupa pemberian santunan kepada 55 anak yatim dan pemberian tali asih kepada 45 guru yang hadir dalam acara tersebut. Kegiatan ini juga dihadiri anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Sugeng Pujianto dan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Malang Hj.Suma’i.

Gunawan, menyampaikan, rangkaian kegiatan bakti sosial ini dilakukan sebagai bentuk ikhtiar memohon kepada Allah di bulan yang penuh berkah ini. Selain itu, ini adalah bukti kepedulian terhadap sesama.

“Khusus kepada anak yatim dan guru ngaji, semoga bisa mewujudkan cita-cita dan menjadi orang yang berguna bagi nusa bangsa dan agama dan semoga kegiatan berbagi berkah seperti ini bisa terus dilanjutkan setiap tahun, terlebih pada bulan Ramadhan,” ucapnya.

Pembagian paket sembako tersebut dilakukan secara bertahap untuk menghindari kerumunan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Ia melakukan pembagian 200 paket tiap harinya semenjak 25 April 2021.

Legislator dari Dapil Malang Raya ini berharap, di bulan yang penuh berkah dan rahmat ini dapat menjadi sebuah momen untuk memperbaiki diri dan menggelorakan semangat berbagi dan kebaikan kepada sesama. Sebagai perwujudan dari nilai-nilai gotong-royong. (ace/pr)