oleh

Hasto: PDIP Bantu Pemerintah agar Mudik Lebaran Lancar

pdip-jatim-nasyrul-falah-djarot-mudik-bareng-pdipJAKARTA – Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto kegiatan mudik bersama tahun ini mengusung semangat gotong-royong. Juga untuk membantu pemerintah agar mudik Lebaran 2016 berjalan lancar dan nyaman.

“Jujur, dari DPP PDI Perjuangan hanya menyediakan 20 bus,” ungkap Hasto‎ di kantor DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (2/7/2016).

Menurutnya, sudah 68 bus yang membawa pemudik dan telah diberangkatkan menuju ke sejumlah provinsi di Jawa. Dari jumlah bus yang mengangkut pemudik, 48 di antaranya hasil gotong royong.

Misalnya, sebut Hasto, dari Bupati Kulon Progo memberikan ‎dukungan sebuah bus, dari Kota Yogyakarta dan kemudian dari Jawa Tengah. “Semua bergotong royong, akhirnya terkumpul 68 bus, dan hari ini kita berangkatkan,” katanya.

Selain itu, PDIP juga menyiapkan posko mudik Lebaran‎ di sejumlah daerah yang dikelola kader-kader partai. “Prinsipnya, kami ingin membantu pemerintah agar mudik Lebaran ini bisa berjalan dengan nyaman dan lancar,” jelas dia.

Total pemudik yang ikut dalam kegiatan mudik gratis ini ada 4.500 orang. Selain bus, PDIP juga menyediakan moda transportasi kereta api. Mudik gratis ini sendiri sudah diselenggarakan secara rutin oleh PDIP sejak 2007.

Menurut Hasto, program mudik Lebaran yang dilakukan dengan moda transportasi kereta api sebagai bentuk dukungan politik transportasi berbasiskan sistem kereta api yang dikenal efisien, aman, dan hadir sebagai angkutan massal.

“PDI Perjuangan mengapresiasi pembenahan sistem kereta api yang menunjukkan kemajuan yang sangat menggembirakan,” kata Hasto.

“Seluruh kereta api ekonomi telah ber-AC dengan toilet yang sangat bersih, dan manajemen yang lebih profesional. Rakyat yang mudik benar-benar diperlakukan dengan pelayanan prima,” ujarnya.

Wakil Sekjen PDIP Eriko Sotarduga pun mengapresiasi profesionalitas manajemen kereta api, dan kerja keras seluruh jajaran Kementerian Perhubungan di bawah komando Ignatius Jonan.

Menurut Eriko, Gotong Royong Mudik Lebaran tahun ini menjadi komitmen PDIP untuk terus menampilkan wajah kerakyatan partai berdasarkan nilai-nilai perikemanusiaan, keadilan sosial, dan gotong royong.

“Ini juga sejalan juga dengan prioritas pemerintah untuk kurangi beban jalan, untuk menekan kecelakaan,” ujarnya.

Keberangkatan pemudik dari Lenteng Agung dilepas langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga Ketua bidang Organisasi dan Kaderisasi DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. Djarot melepas rombongan bus didampingi Eriko Sotarduga, Sekjen Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Nasyrul Falah Amru, dan Ketua Bidang Kemaritiman DPP PDIP Rokhmin Dahuri. (goek)