oleh

Hari Ini Megawati Terima Gelar Doktor Honoris Causa Kelima

PADANG – Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UNP), Rabu (27/9/2017) pagi. Megawati dianggap sebagai pelopor lahirnya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, politik pendidikan yang disampaikan Megawati dinilai menunjukkan konsistensi yang melekat dengan ideologi bangsa, yakni Pancasila.

“Pendidikan yang membangun nation and character building, rasa cinta terhadap bangsa,” kata Hasto, Selasa (26/9/2017).

Bagi Megawati, jelas Hasto, pendidikan menempatkan peran sentral pada keluarga, guna menanamkan dasar-dasar pendidikan budi pekerti yang begitu lekat dengan nilai-nilai kemanusiaan.

“Demikian halnya guru. Guru lah yang paling memahami ukuran pendidikan bukanlah sekadar diukur dari pencapaian nilai-nilai terbaik bagi siswanya. Pendidikan harus melahirkan spirit untuk berprestasi menjadi manusia cerdas yang membumikan ilmunya bagi Tanah Air dan bangsanya,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjut Hasto, pemberian gelar tersebut diharapkan dapat menggelorakan kembali dedikasi dunia pendidikan Indonesia bagi kemajuan bangsanya guna memerkuat rasa percaya pada kekuatan bangsa sendiri.

“Selama bangsa Indonesia percaya pada kekuatan sendiri dan memiliki mentalitas pejuang, serta nasionalisme yang membumi, maka berbagai persoalan bangsa dapat diselesaikan dengan gotong royong dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa,” tuturnya

Megawati juga kerap sering menyampaikan pandangannya dan membandingkan dengan kondisi kekinian. Dulu dalam keadaan terjajah pun, Indonesia bisa menghasilkan banyak tokoh nasional yang mampu mendedikasikan hidupnya bagi bangsa dan negara.

Mereka, juga berjuang dengan rasa cinta air yang luar biasa. Namun, hal kontras terjadi pada masyarakat Indonesia saat ini.

“Justru di alam merdeka mengapa banyak kaum pintar yang patriotismenya meluntur bahkan ada yang memperjualbelikan kekayaan negeri ini. Itu sebuah kritik,” ujar Hasto.

Gelar ini merupakan gelar doktor honoris causa kelima yang diterima Megawati. Empat gelar doktor honoris causa yang diterima Ketua Umum PDI-P sebelumnya adalah dari Universitas Waseda, Tokyo, Jepang, Korea Maritime and Ocean University, Moscow State Institute of International Relation, dan Universitas Padjadjaran. (goek)