Hadiri Ngalap Berkah Kenduri Bumi, Ini Yang Disampaikan Sujatno

 118 pembaca

MAGETAN – Ketua DPRD Magetan, H. Sujatno, menghadiri acara Ngalap Berkah Kenduri Bumi di warung Soni Bara Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Minggu (6/3/2022). Kegiatan tersebut mampu membangkitkan semangat masyarakat dalam pemulihan ekonomi di tengah masa pandemi Covid-19.

Kegiatan yang menggandeng UMKM dan pegiat seni budaya tersebut digelar selama tujuh hari (5-12 Maret 2022). Beberapa agenda kegiatan tersebut antara lain, gebyar UMKM, sarasehan budaya, dan pameran tunggal lukisan dari pelukis Agus Wicak. Hadir dalam kegiatan tersebut, Erros Djarot, seorang sutradara, penulis, dan seniman.

“Event seperti ini harus rutin digelar guna membangkitkan perekonomian di tengah pandemi yang belum berakhir,” ujar Sujatno.

Selain itu, sedekah bumi merupakan warisan budaya leluhur serta nguri-nguri budaya jawa yang sudah ada sejak turun temurun jaman dahulu. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kreativitas dan motivasi para pegiat seni budaya di Magetan.

Penyelenggaraan pameran lukisan pun berlangsung secara sederhana. Kalau selama ini identik di gedung atau hotel mewah, pameran tunggal Agus Wicak digelar di tempat yang memadukan alam pedesaan dengan cita rasa internasional.

“Maka kami, sebagai wakil rakyat, mendorong dan mendukung kegiatan-kegiatan yang seperti ini,” tegas Ketua DPC PDI Perjuangan Magetan itu. (rud/set)