Hadiri Kirab Budaya di Ngunut, Ketua Repdem Tulungagung: Bukti Budaya Gotong Royong Masih Kuat

 137 pembaca

TULUNGAGUNG – Ketua DPC Repdem Tulungagung Dio Jordy Alvian menghadiri kirab budaya di lingkungan 3 Desa/Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Kirab budaya itu dilaksanakan Komunitas Pejuang 45 desa setempat untuk memperingati HUT RI ke- 77.

“Saya sangat mengapresiasi Komunitas Pejuang 45 yang telah sukses mengadakan kegiatan kirab budaya secara swadaya ini,” kata pria yang akrab disapa Dio di Tulungagung. Rabu (21/9/2022).

Dia menambahkan, kegiatan kirab budaya di lingkungan 3 Ngunut adalah salah bukti bahwa budaya gotong royong dan kekompakan warga setempat masih kuat. Adanya komunitas pejuang 45, masih konsisten untuk terus memelihara budaya dan adat tradisi yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

“Perlu digarisbawahi bahwa lingkungan 3 ini, merupakan Kampung Bhineka karena warganya memeluk berbagai agama, tapi tetap kompak dan rukun,” ungkapnya.

Sebagai pemuda, Dio mengaku bangga terhadap situasi kerukunan dan persatuan yang ada di masyarakat Desa Ngunut khususnya lingkungan 3.

Selain itu, jiwa patriotisme masyarakat juga sangat tinggi, meskipun hanya 1 lingkungan karnaval dengan mempromosikan budaya dan adat daerah bisa terselenggara dengan meriah.

Kegiatan kirab budaya, menurut Dio, mampu menggerakkan ekonomi masyarakat setempat, ukuran terkecilnya adalah penjual kuliner dan jajanan semua laris manis diserbu oleh konsumen.

“Ini hebat, meski hanya event lingkungan, tapi mampu menggerakkan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua panitia kirab budaya lingkungan 3 Ngunut, Subroto mengatakan, kegiatan Kirab Budaya ini diselenggarakan selain memperingati HUT RI, juga untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW.

Agar sejarah tidak putus, dalam kegiatan kirab budaya itu juga melibatkan komunitas pemuda yang ada di wilayah setempat termasuk mengundang Ketua DPC Repdem Tulungagung.

“Sesuai permintaan dari juru hajat tumpeng jadul kirab budaya, maka kita juga mengundang Ketua Repdem Tulungagung,” kata Subroto.

Sekedar informasi, kegiatan kirab budaya di lingkungan 3 Ngunut dilaksanakan sepanjang jalan raya Dusun Pacitan Desa/Kecamatan Ngunut pada Minggu (18/9/2022). Kirab budaya juga dihadiri Kades Ngunut Abdullah dan para pejabat dari Forkopimca Ngunut. (sin/pr)

Tinggalkan Balasan