oleh

Genjot Vaksinasi, Banyuwangi Targetkan Suntik 11.250 Orang/Hari

-Eksekutif-52 kali dibaca

BANYUWANGI – Satgas Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi terus melakukan upaya percepatan vaksinasi. Bahkan Satgas menargetkan tiap hari puskemas minimal melakukan 250 vaksinasi sasaran baru.

“Vaksinasi menjadi salah satu indikator penilaian status level PPKM. Karena itu Satgas akan terus melakukan percepatan vaksinasi. Tenaga kesehatan, TNI, Polri, terus bergerak bersama,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, saat meninjau vaksinasi di Kelurahan Mojopanggung, Rabu (22/9/2021).

“Saya tadi sudah ngomong sama kepala dinas kesehatan, tiap hari targetnya satu puskesmas minimal melaksanakan vaksinasi pada 250 orang, khusus untuk dosis satu. Saya terus pantau selama sepekan ini, nanti kita evaluasi lagi” tambah Ipuk.

Dengan total 45 Puskesmas yang ada di Banyuwangi, dalam sehari ditargetkan 11.250 orang divaksin. “Kita sudah rekrut relawan nakes untuk membantu percepatan vaksinasi. Saya harap target ini bisa dipenuhi dengan baik,” ujarnya.

Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 42 tahun 2021, status Level PPKM, untuk bisa turun dari PPKM Level 2 ke PPKM Level 1, cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen. Banyuwangi saat ini status PPKM Level 2, namun asesmen situasi kesehatan yang tanpa indikator vaksinasi berada pada Level 1.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, vaksinasi di Banyuwangi per 20 September 2021, cakupan vaksinasi dosis pertama di Banyuwangi sudah mencapai lebih dari 657.681 orang atau setara 49.07% target sasaran vaksinasi sebanyak 1.340.222 orang. Adapun dosis kedua sebesar 338 ribu lebih atau sekitar 26,28 persen. Sementara dosis ketiga khusus tenaga kesehatan mencapai 5.052 atau 83.09%.

“Luas wilayah dan banyaknya populasi di Banyuwangi yang harus divaksin menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu, vaksinasi jemput bola dengan mendatangi sasaran langsung perlu digencarkan lagi,” jelas bupati dari PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr. Widji Lestariono, menambahkan bahwa dengan total 45 Puskesmas yang ada di Banyuwangi, dalam sehari ditargetkan 11.250 orang dilakukan vaksinasi.

“Memang saat ini, Banyuwangi tengah konsentrasi melakukan vaksinasi dosis 2. Karena vaksinasi telah menjadi salah satu indikator penetapan levelling PPKM, maka kami gotong royong menambah sasaran penerima dosis vaksin satu,” kata Rio, panggilan akrab Widji Lestariono. (set)