Gandeng Garuda Food dan Pupuk Kaltim, Begini Strategi Kang Giri Tingkatkan Produktivitas Petani

 154 pembaca

PONOROGO – Dengan menggandeng PT Garuda Food dan PT Pupuk Kaltim, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, melakukan panen kacang tanah di Desa Bringinan Kecamatan Jambon, Senin (3/10/2022). Pada kesempatan itu, hadir juga Kepala Dinas Pertanian, Masun, dan Kepala Desa Bringinan, Subarno.

Bupati Sugiri mengatakan, alasan menggandeng dua perusahaan besar itu untuk meningkatkan produktivitas dan mensejahterakan para petani. Komoditas kacang tanah dinilai mampu menghasilkan kacang yang banyak, harga pupuk lebih murah, serta memiliki nilai jual yang tinggi.

“Harganya per kilo juga lebih mahal. Sehingga ada nilai tambah petani dari komoditas kacang. Apalagi sudah ada kerja sama dengan PT Garuda Food sebagai offtaker dan PT Pupuk Kaltim sebagai penyedia pupuk,” ujar Sugiri.

Lebih lanjut, Bupati Sugiri juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk meneruskan program tersebut. Seperti permodalan KUR, asuransi gagal panen, dan memanfaatkan BUMDes sebagai distributor pupuk khusus.

Kang Giri, sapaan akrab Bupati Sugiri, juga meminta agar berapapun jumlah yang diminta PT Garuda Food bisa terakomodir. Selain itu, ia berharap agar kelompok tani yang lain bisa melanjutkan program kemitraan tersebut.

“Kebutuhan PT Garuda Food berapa, nanti kontrak payung dengan petani,” terang politisi PDI Perjuangan itu.

Sementara itu, Kades Bringinan, Subarno, menyambut baik program yang mampu meningkatkan perekonomian petani.

“Bagaimana petani yang selama ini mungkin banyak persoalan, dengan kehadiran pemerintah menambah semangat panjenengan. Kehadiran Pupuk Kaltim dan Garuda Food luar biasa nantinya. Terima kasih Pak Bupati,” ujarnya.

Selain melakukan panen kacang tanah di kebun seluas 20 hektar itu, PT Pupuk Kaltim juga memberikan edukasi pembuatan pupuk organik berbahan alami dengan menggunakan “Biodex” kepada ratusan petani yang hadir.

Tak hanya itu, Kang Giri juga mengajak para petani untuk melakukan kunjungan ke pabrik PT Garuda Food di Pati, Jawa Tengah secara gratis difasilitasi oleh perusahaan. (jrs/set)