oleh

DPRD Surabaya Dorong Trem Segera Direalisasikan

SURABAYA – Ketua DPRD Surabaya berharap, proyek angkutan massal cepat (AMC) berupa trem segera dimulai pembangunannya. Apalagi, pembangunan transportasi berbasis rel tersebut tinggal teknis pelaksanaannya, yang direncanakan tahun ini.

Menurut Armuji, apa yang sudah dijadikan impian warga Surabaya  ini bisa segera terwujud. Apalagi analisa dampak lingkungan (amdal) sudah ada.

“Selain itu juga dibahas sharing pembiayaan seperti apa, kemampuan daerah berapa, bantuan dari pusat berapa dan yang diajak kerja sama siapa saja. Ini yang kita dorong supaya bisa lekas terwujud, bukan jadi wacana saja,” kata Armuji, kemarin.

Pihaknya mendukung dimulainya pembangunan AMC berupa trem pada 2017, sebagai tindak lanjut pertemuan menteri perhubungan dengan Wali Kota Surabaya beberapa hari lalu.

“Kami menginginkan adanya angkutan massal. Kalau ada kementerian yang melakukan sharing  pembiayaan trem dengan pemkot, ya, kami dukung,” ujar legislator yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini.

Menhub Budi Karya Sumadi saat bertemu Wali Kota Tri Rismaharini di Stasiun Gubeng pada Jumat (30/12/2016) lalu membahas rencana pembangunan infrastruktur  trem atau reaktivasi trem di Kota Pahlawan.

Budi Karya Sumadi mengatakan proyek trem tersebut sudah tak bisa ditunda lagi. Untuk itu, pemerintah akan mencari cara agar pembangunan trem di Surabaya bisa terwujud.

Salah satu caranya ialah memulai pembangunan trem pada 2017 hingga 2018 secara bertahap yakni sepanjang 4 km dari Joyoboyo ke Tunjungan. Kementerian Perhubungan melalui APBN akan memenuhi kebutuhan anggarannya.

Sementara itu, Tri Rismaharini menyatakan proyek trem beserta infrastruktur pendukung akan menelan anggaran Rp 2,4 triliun. Risma mengatakan pihaknya telah menganggarkan APBD untuk pembangunan sarana pendukung seperti park and ride (gedung parkir) di Joyoboyo untuk intermoda.

Rencananya jalur trem akan dimulai dari stasiun Joyoboyo hingga menuju kawasan Pelabuhan Tanjung Perak. Akan ada double track membelah kota membentang sepanjang 17,4 KM mulai ujung selatan hingga utara. (goek)