Di Perpus Bung Karno, Risma Serahkan Bantuan kepada 111 Anak Yatim Korban Covid

Loading

BLITAR – Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini menyerahkan bantuan kepada 111 anak yatim piatu korban Covid-19 di Kota Blitar. Bantuan ini untuk memastikan anak-anak mendapatkan pengasuhan, utamanya dalam keluarga.

Bantuan itu diserahkan Risma langsung di Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang berada satu kompleks dengan Makam Bung Karno, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Sabtu ( 6/11/2021).

Di Perpustakaan Proklamator Bung Karno ini, Risma juga didampingi Wali Kota Blitar Santoso serta Forkopimda Kota Blitar.

Risma mengatakan, bantuan yang diberikan kepada 111 anak yatim piatu korban Covid-19 akan disalurkan melalui Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) Anak.

Atensi Anak adalah layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas, dan/atau residensial melalui dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak, perawatan sosial dan/atau pengasuhan anak, dukungan keluarga, terapi fisik, terapi psikososial, terapi mental spiritual, pelatihan vokasional, pembinaan kewirausahaan, bantuan sosial dan asistensi sosial, serta dukungan aksesibilitas.

“Hari ini kita dari Kementerian Sosial memberikan bantuan kepada 111 anak yatim korban Covid-19 di Kota Blitar. Adapun jumlah bantuan yang diberikan dengan nominal Rp300 ribu/bulan bagi anak belum sekolah dan Rp200 ribu bagi anak yang sudah sekolah,” beber Risma.

“Uang bantuan ini diberikan selama tiga bulan mulai Oktober, November dan Desember pada 2021 ini,” imbuh Ketua DPP PDI Perjuangan ini.

Agar anak- anak ini tetap bersemangat dan bahagia, dalam kesempatan itu, Risma sengaja memberikan motivasi kepada para anak yatim piatu korban Covid-19 agar tetap semangat meraih cita-cita.

Mantan Wali Kota Surabaya dua periode ini juga sempat memutar video yang bercerita tentang motivasi hidup. Video itu menceritakan seorang disabilitas yang tetap semangat memperjuangkan hidup dengan cara berjualan keliling.

“Ayo mulai sekarang kakak- kakak punya keyakinan bisa (meraih cita-cita). Kalau ingin sukses dan berhasil tidak boleh menunda-nunda, harus terus bersemangat dan pantang menyerah,” kata Risma memberikan semangat kepada anak-anak korban Covid-19.

Sementara itu, selain memberikan bantuan kepada anak yatim korban Covid-19, Risma juga menyerahkan bantuan asistensi rehabilitasi sosial kepada penyandang disabilitas yang memiliki wirausaha.

Risma juga mengajak ratusan anak yatim piatu ini melakukan ziarah dan tabur bunga ke pusara makam Bung Karno. Ziarah ini untuk mendoakan arwah sang Proklamator dan juga menyambut peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 depan. (arif/pr)