Bupati Karna Minta FPK Situbondo Jadi Pelopor Kerukunan Antarumat Beragama

 120 pembaca

SITUBONDO – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, melantik dewan pembina dan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FKB) di Pendapa Aryo Situbondo, Kamis (29/9/2022) siang.

Dalam sambutannya, Bupati Karna mengatakan, FKB merupakan oraganisasi yang memiliki tugas membangun kebersamaan harmoni dan menyebarkan semangat prularisme kepada sesama. Sebab itu, ia berharap, pelantikan kepengurusan FPK baru bisa menjadi pelopor dalam merajut harmoni dan toleransi antarumat beragama.

“Perbedaan itu dapat dimaknai sebagai kekayaan daerah yang dapat berjalan secara harmonis. Dan seperti yang kita ketahui, adanya perbedaan ras, suku, budaya, dan agama ini bukan menjadi permasalahan. Akan tetapi justru menjadi bentuk kebutuhan untuk membangun Situbondo yang lebih maju. Inilah yang saya ingin tegaskan pada pengurus FPK yang baru dilantik ini. Semoga bisa mewujudkan hal tersebut,” ujar Bupati Karna.

Politisi PDI Perjuangan tersebut juga menjelaskan, kekondusifan kamtibmas menjadi kunci keberhasilan Pemkab Situbondo dalam melakukan berbagai program pembangunan. Sehingga kondisi yang telah tertata tersebut, perlu ditingkatkan. Dalam hal tersebut, FPK memiliki tanggung jawab dalam membangun kehidupan berbangsa dan beragama di Situbondo yang harmonis.

“FPK ini menurut saya betul-betul memiliki peran yang strategis. Karena berbagai perbedaan yang ada di antara kita, baik itu agama, ras, dan suku, akan bisa dilebur. Sehingga, benar-benar memahami adanya kebersamaan antarmasyarakat di Situbondo ini,” terangnya.

Sementara itu, Ketua FPK Kabupaten Situbondo periode 2022-2024, Karnadi, menyampaikan, pihaknya siap berkomitmen untuk bersinergi dengan pemerintah dan berbagai elemen masyarakat dalam rangka menjaga kekondusifan kamtibmas di Kabupaten Situbondo.

“Kami ini siap untuk bersinergi dengan pemerintah daerah serta melakukan kerja sama antara lembaga dan elemen masyarakat untuk membangun Kota Situbondo ini lebih harmonis. Kami yakin dengan sinergi yang baik, insya Allah Situbondo akan berjaya,” pungkasnya. (ryo/set)