oleh

Bung Karna Minta Masyarakat Melapor Jika Pungli dalam Penyaluran Bansos

-Eksekutif-26 kali dibaca

SITUBONDO – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, turun langsung untuk memastikan penyaluran bantuan sosial PPKM bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Kelurahan Dawuh Kecamatan Situbondo, Rabu (15/9/2021).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Karna didampingi Plt. Kadinsos Kab. Situbondo, Samsuri S. Sos., MM., Kabid Linjamsos, Heri Cahyo S. Sos., Camat Situbondo, Ir. Quratul Aini M. Si., dan Lurah Dawuhan, H. Zaini Ridwan, S. Ag.

Dalam sambutannya, Bung Karna, sapaan akrab Karna Suswandi, menyampaikan, bahwa bansos yang telah disiapkan pemerintah merupakan hak masyarakat, khususnya yang terdampak langsung Covid-19.

Untuk itu, Bung Karna ingin memastikan agar pendistribusian bansos memang benar-benar sampai pada masyarakat secara utuh, tidak dikurangi, apalagi sampai ada pungli agar masyarakat bisa mendapatkan bansos tersebut.

“Kami ingin memastikan masyarakat benar-benar mendapatkan bansos ini secara utuh. Di beberapa daerah telah banyak diberitakan kasus bansos yang diberikan itu jumlahnya sudah tidak utuh, bahkan ada juga oknum yang melakukan pungli agar masyarakat bisa dapat bansos. Kami tidak ingin kejadian seperti itu terjadi di Kabupaten Situbondo,” jelas Bung Karna.

Bupati yang diusung PDI Perjuangan ini juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak segan melaporkan, jika mendapati adanya tindakan korupsi dalam penyerahan bansos, seperti jumlahnya yang dikurangi atau ada yang meminta jatah dalam bentuk pungli.

“Bapak ibu saya minta jangan segan utuk melaporkan kepada kami, kalau dalam penyerahan bansos dari pemerintah ini jumalnya ada yang dikurangi, atau ada yang minta jatah, langsung laporkan saja. Permaninan kotor seperti itu harus kita lawan. Tidak perlu takut, kalau takut malah tidakan korupsi seperti itu tidak akan pernah hilang,” jelasnya.

Selain itu Bung Karna juga mengingatkan masyarakat bagi yang belum divaksin, untuk segera melakukan vaksin, serta bagi masyarakat yang telah divaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Masyarakat yang belum divaksin segera melaksanakan vaksin. Jangan takut divaksin, karena vaksin aman dan melindungi kita dari Covid-19. Mereka yang sudah divaksin harus tetap mematuhi protokol kesehatan” pungkasnya. (ryo/set)