oleh

Blusukan di Pemukiman Pemulung Kalibaru, Ini yang Disampaikan Risma

JAKARTA – Komitmen Mensos Tri Rismaharini untuk tetap blusukan sebagaimana kerap dilakukan saat menjabat Wali Kota Surabaya tidak sekadar janji di mulut.

Hari ini, Rabu (3/2/2021), Risma blusukan di lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) yang menjadi pemukiman pemulung di wilayah RT 02 RW 08 Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

Saat di lokasi, Risma mengatakan, para pemulung dijanjikan tempat tinggal dan pekerjaan lebih layak jika mereka bersedia dipindahkan ke Balai Rehabilitasi Sosial Pangudi Luhur Bekasi, Jawa Barat, yang juga menjadi lokasi pembangunan rusunawa (rumah susun sewa).

Baca juga: Hasto: Blusukan Menyapa Rakyat Sudah Menjadi Karakter Bu Risma

Menurutnya, para pemulung harus bekerja keras untuk mendapatkan akses ekonomi yang lebih baik.

Dia menyebut, para pemulung sejatinya tidak harus mengandalkan bantuan saja. “Kita ke sini dengan harapan mereka bisa lebih baik kehidupannya. Karena kalau mengandalkan bantuan saja, mungkin akan lama keluar dari garis kemiskinan,” terang Risma.

Di Pangudi Luhur Bekasi, kata Risma, para pemulung nantinya tidak hanya diasramakan. Petugas Kementerian Sosial di tempat tersebut akan memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan kepada para pemulung supaya bisa mendapatkan pekerjaan baru.

“Makanya yang kita lakukan adalah, di Balai itu mereka bukan cuma kita asramakan. Tapi di situ kemudian kita ajarkan mereka untuk bisa mendapatkan akses ekonomi yang lebih baik,” ujarnya.

Risma minta kesediaan para pemulung agar mau untuk segera ditempatkan di Balai Rehabilitasi Sosial Pangudi Luhur, karena kawasan permukiman pemulung yang berada di pesisir laut itu rencananya juga bakal dibangun bendungan.

“Rencananya kita dengar kawasan ini juga mau dipakai untuk dam. Nah, mereka kan kasihan kalau nanti waktunya tiba-tiba (dipindahkan) begitu kan,” ungkap Risma.

“Tapi kalau ini sudah bisa mereka siapkan kita pindah, karena di sana (Balai Rehabilitasi Sosial) pun nanti Kementerian PU, bukan kami yang bangun, itu akan dibangunkan rumah susun. Jadi mereka akan pindah ke rumah susun kalau sudah jadi,” sambung dia.

Di lokasi pemukiman pemulung Kalibaru, Risma juga sempat memantau aktivitas pemilahan sampah yang dilakukan para pemulung. (goek)