oleh

Bantu Pengungsi, Baguna Buka Dapur Umum dan Layanan Kesehatan Mobile

BALI – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan mendirikan dapur umum di sekitar lokasi pengungsian, di Kabupaten Karangasem, Bali. Dapur umum tersebut untuk membantu menyuplai kebutuhan logistik para pengungsi akibat erupsi Gunung Agung.

Kepala Baguna DPP PDI Perjuangan Sadarestuwati mengatakan, dapur umum didirikan sejak Senin (25/9/2017). “Kita sudah mendirikan dapur umum untuk membantu kebutuhan makan para pengungsi,” kata Sadarestuwati, Kamis (28/9/2017).

Anggota Komisi V DPR RI ini menuturkan, lokasi pendirian dapur umum ini berada di lapangan Ulakan Kabupaten Karangasem.

Dipilihnya lokasi itu lantaran cukup strategis dan dekat dengan tenda pengungsian warga, sehingga distribusi makanan bisa secepatnya disalurkan ke pengungsi.

“Tim Baguna akan siaga selama 24 jam untuk membantu mencukupi kebutuhan para pengungsi,” ujarnya.

Tak hanya mendirikan dapur umum dan menyiapkan logistik, Baguna DPP PDI Perjuangan juga memberikan pelayanan kesehatan terhadap para pengungsi.

Pelayanan kesehatan ini dilakukan dengan cara mobile dari satu tenda ke tenda pengungsi lainnya. Hal ini dilakukan tak lain untuk mengetahui kondisi kesehatan para pengungsi.

“Ini bentuk perwujudan PDIP yang selalu ada bersama rakyat, disaat susah dan senang. Yang selalu menangis dan tertawa bersama rakyat sebagaimana yang telah dicontohhkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri,” ucap Mbak Estu, sapaan akrabnya.

Politisi asal Jombang ini menambahkan, Tim Baguna akan terus berada di lokasi pengungsian Gunung Agung. Hingga, kondisi di lokasi tersebut benar-benar sudah dinyatakan aman dan warga kembali ke rumah masing-masing.

“Target waktu tidak kita batasi. Kita akan berada disini sampai bencana ini selesai. Selain itu, kita juga akan menerjunkan tim Baguna dari wilayah-wilayah lain untuk ikut serta bergabung dan membantu para pengungsi disini,” kata dia.

Selain Baguna dari DPP PDIP, saat ini Baguna DPD PDIP DKI Jakarta dan Baguna DPD PDIP Jawa Timur juga sudah bergabung dengan Baguna DPD Bali. Pihaknya berharap, kehadiran Baguna ini bisa sedikit meringankan beban para pengungsi. (goek)

rekening gotong royong