100 Ribu Kader PDI Perjuangan Se-Jatim Siap Meriahkan Lomba Senam Sicita

Loading

SURABAYA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur bakal menggelar acara puncak lomba Senam Cinta Tanah Air (Sicita) di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (12/3/2023). Sekitar 10 ribu kader PDI Perjuangan Kota Surabaya siap untuk memeriahkan acara puncak tersebut.

Selain dipusatkan di Tugu Pahlawan, lomba Sicita juga akan dilaksanakan di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Dengan ketentuan, setiap anggota legislatif, baik DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi maupun DPR RI, serta bakal calon legislatif melibatkan 100 pesenam di lokasi yang berbeda. Lomba Sicita sendiri akan dimulai secara serentak pada pukul 07.00 WIB.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Jawa Timur, MH Said Abdullah dalam keterangannya menyampaikan, lomba Sicita masih menjadi rangkaian peringatan HUT ke-50 PDI Perjuangan.

“Sekaligus bentuk respon balik dari PDI Perjuangan atas sambutan yang luar biasa dari masyarakat terhadap senam ini,” katanya, Kamis (9/3/2023).

“Di berbagai daerah sering kami temui berbagai kelompok atau komunitas melaksanakan senam Sicita,” imbuh Said Abdullah.

Said Abdullah yang juga Ketua Banggar DPR RI ini menambahkan, pihaknya terus mendorong upaya masyarakat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baca juga: Gerakan Bugar dengan Sicita di Bojonegoro Meluas, Terbentuk 28 Pengurus Senam Tingkat Kecamatan

Apalagi senam irama ini, kental nuansa nasionalisme. Sebab lagu lagu-lagu irama dari senam adalah kompilasi lagu nasional dan daerah.

Persyaratan dan Hadiah Puluhan Juta

Pelaksana Harian (Plh) DPD Jatim, IR Budi Sulistyono menambahkan, lomba digelar serentak di 38 kabupaten dan kota se-Jawa Timur, pada Minggu, 12 Maret 2023. “Jam 07.00,” katanya.

Bagaimana pendaftarannya, Budi Sulistyono atau akrab disapa Kanang menambahkan, jika kelompok-kelompok senam bisa menghubungi DPC PDI Perjuangan di kabupaten atau kota masing-masing.

DPD Jatim, lanjut dia, telah menginstruksikan kepada DPC-DPC untuk mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan oleh anggota legislatif maupun bakal calon anggota DPRD kabupaten atau kota maupun provinsi.

“Selain yang dilaksanakan oleh anggota legislatif maupun bakal caleg, DPC juga dapat mengadakan senam sendiri di kantor masing-masing atau tempat lainnya,” katanya.

Senam dilaksanakan di lokasi masing-masing anggota legislatif maupun bakal calon anggota legislatif dengan jumlah pesenam 100 orang di tiap lokasi. Untuk kostum, peserta senam wajib memakai baju atau atasan berwarna merah. Peserta juga wajib mem-video-kan senam dan mengirimkan ke email yang telah ditentukan.

Baca juga: Tentang Senam Sicita, Begini Selengkapnya

Untuk batas waktu pengiriman dokumentasi video, paling lambat tanggal 15 Maret 2023 pukul 23.59, dengan nama pengirim sesuai nama anggota legislatif maupun bakal calon anggota legislatif.

Panitia menyiapkan total hadiah senilai puluhan juta rupiah untuk juara 1,2 dan 3, serta juara harapan. (hs)