Unggul “Quick Count”, Jokowi: Tunggu Penghitungan Resmi KPU

JAKARTA – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengajak pendukungnya untuk menunggu hasil penghitungan akhir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) meskipun sejauh ini dirinya dan Cawapres Ma’ruf Amin, sudah unggul dalam quick count beberapa lembaga survei.

“Dari indikasi exit poll dan quick count sudah kita lihat semua, tapi kita bersabar menunggu penghitungan dari KPU secara resmi,” ujar Jokowi di Djakarta Theater, Jalan Wahid Hasyim, Rabu (17/4/2019).

Setelah pemilu, Jokowi berharap masyarakat bisa kembali bersatu dan melupakan perbedaan pilihan. Dia menegaskan pentingnya menjaga kerukunan antar bangsa.

“Marilah kita kembali bersatu sebagai saudara sebangsa setanah air setelah pemilu ini, menjalin kerukunan dan persaudaraan kita,” kata dia.

Hingga pukul 17.15 WIB, lembaga survei yang hasil hitung cepatnya menunjukkan keunggulan Jokowi-Ma’ruf antara lain Indikator Data, SMRC, Charta Politica, Litbang Kompas serta Indo Barome

Jokowi menyebut Pemilu serentak 2019 berjalan jujur dan adil. “Pesta demokrasi, Pileg dan Pilpres tadi pagi, sudah berjalan jujur dan ,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Jokowi menyampaikan rasa terima kasihnya ke sejumlah pihak. Mulai dari penyelenggara Pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Dia juga mengucapkan terima kasih bagi TNI dan Polri yang telah mengamankan proses pencoblosan Rabu ini. (goek)