TKN Jokowi-Ma’ruf Sambut Baik Dukungan PBB

BONDOWOSO – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto menyambut baik dukungan Partai Bulan Bintang (PBB) kepada pasangan calon nomor urut 01 tersebut.

“Ya positif semua dukungan baik, namanya kampanye kan menggalang dukungan,” ujar Hasto di sela-sela Safari Kebangsaan VI PDIP di Bondowoso, Minggu (27/1/2019).

Hasto menyebutkan, ulama dan habaib di Jawa Timur juga telah mendeklarasikan dukungannya untuk paslon 01. Hal itu menurutnya membuktikan Jokowi-Ma’ruf merangkul umat Islam dan umat beragama lainnya.

“Para habaib mengatakan selama ini kami diam. Tapi akhirnya mereka bergerak karena hoaks dan fitnah (menyerang paslon 01). Akhirnya Pak Jokowi dan Kiai Maruf yang baik harus didukung bersama,” kata Hasto.

Sebelumnya, PBB resmi memutuskan untuk mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Keputusan itu diambil dalam rapat pleno yang dihadiri para elite PBB pada Jumat 18 Januari lalu.

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra menyebut partai berlambang bulan bintang itu telah menentukan arah dukungannya dalam Pilpres 2019. PBB memutuskan untuk mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

“Keputusan memberikan dukungan politik kepada Jokowi-Ma’ruf Amin, bukanlah keputusan pribadi Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, tetapi keputusan mayoritas Rapat Pleno DPP PBB tanggal 19 Januari 2019,” kata Yusril dalam siaran tertulisnya, Minggu (27/1/2019)

Sementara itu, setelah Pasuruan dan Situbondo, para habaib di Bondowoso memberikan dukungannya untuk pasangan capres Jokowi-KH Ma’ruf Amin

Deklarasi dukungan Habaib untuk Jokowi-Ma’ruf disaksikan Hasto Kristiyanto dan Bendahara TKN Wahyu Sakti Trenggono dalam Safari Kebangsaan ke-VI sekaligus ziarah ke Makam pejuang kemerdekaan Lettu Habib Al Muhdar di Bondowoso.

Rombongan Safari kebangsaan diterima Habib Husen Bin Muhdar Almuhdar dan Habib Ali Bin Jindan. Setelah berdoa, rombongan bergeser ke sebuah gedung yang sudah disiapkan untuk memulai deklarasi.

“Habaib di Bondowoso mendukung Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” kata Habib Husen diikuti teriakan ‘Hidup Jokowi’. “Mudah-mudahan kemenangan pasangan 01 diridhoi Allah SWT, diberi kemenangan yang mutlak,” tambahnya.

Habib Ali bin Jindan menambahkan ada alasan kuat bagi para habaib mendukung Jokowi-Ma’ruf. Pertama, Jokowi adalah sosok yang bersih. Kedua, anak-anak Jokowi tak terlibat proyek besar negara. Ketiga, infrastruktur dibangun Jokowi secara istimewa.

“Anak saya baru jalan dari Jakarta ke Surabaya. Lewat tol, bisa 9 jam termasuk istirahat. Kalau infrastruktur baik, otomatis ekonomi lancar,” kata Habib Ali.

Habib Husen menegaskan bahwa hanya Indonesia di bawah Presiden Jokowi lah yang benar-benar membela Palestina. Timur Tengah saja disebutnya sudah dijual karena tak lagi mendukung Palestina.

“Tinggal satu, pak Jokowi, negara Islam itu yang mempertahankan Palestina,” katanya.

Lebih jauh Habib Husen meminta agar masyarakat tak mendengarkan hoaks yang beredar jelang pemilu. Sebab hoaks hanya dikeluarkan oleh orang yang takut kalah.

Bila hoaks masih banyak, berarti ada yang masih tak yakin menang. “Insya Allah (Jokowi menang). Asal tidak ada hoaks,” kata Habib Husen.

Hasto Kristiyanto  menyatakan pihaknya berterima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan kepada Jokowi-KH Ma’ruf Amin. Dia mengaku semakin bersemangat mendengarkan doa-doa tulus dan dukungan para habaib tersebut.

“Suatu kehormatan bagi kami diterima dengan baik dalam semangat persaudaraan sejati. Kami sampaikan salam dari Pak Jokowi dan Pak KH Ma’ruf Amin,” kata Hasto. (goek)