“Terpilih dari Kader yang Sudah Teruji”

OLYMPUS DIGITAL CAMERASURABAYA – Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik Agitasi dan Propaganda DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Bambang Soehartono, berharap pada kepengurusan struktur DPP yang baru mampu memberikan warna dan harapan baru bagi partai maupun simpatisan partai di masa mendatang.

Ia meyakini, kebijakan Megawati Soekarnoputri selaku formatur tunggal dalam penentuan personal struktur sudah melalui berbagai uji loyalitas maupun uji kredibilitas serta uji ideologi.

“Ibu Megawati memilih personal yang memiliki loyalitas yang tinggi terhadap partai dan juga kinerja personal yang baik serta ditunjang kemampuan ideologis yang teruji. Kepengurusan baru ini sudah baik,” kata Bambang Ger sapaan akrabnya, di Surabaya, Minggu (12/4/2015) pagi.

Terkait tidak masuknya kader tertentu ke dalam jajaran pengurus pusat, Bambang Ger meyakini bahwa Megawati telah mempertimbangkan hal tersebut dengan target dan capaian yang harus diraih PDI Perjuangan di masa mendatang.

“Bisa saja, beberapa kader yang tidak masuk dalam struktural partai, bisa secara fungsional mendukung kinerja partai pada targetan atau lahan garapan yang berbeda. Sehingga bisa memenuhi ekspetasi pemilih dan loyalis partai pada lahan garapan yang di luar garapan struktural partai,” papar legislator DPRD Provinsi Jawa Timur asal Daerah Pemilihan VI ini.

Selain harapan baru, Bambang Ger juga menggarisbawahi tantangan yang dihadapi struktural DPP PDI Perjuangan 2015-2020 di masa mendatang. Tantangan pertama yang harus dilalui adalah Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang meliputi pemilihan 8 gubernur, 26 walikota dan 170 bupati yang tersebar di 23 provinsi yang akan digelar pada September 2015 mendatang.

“Tantangan kedua yang bersifat jangka menengah adalah konsolidasi terkait dengan berjalannya bidang-bidang yang ada dalam struktural kepengurusan. Bagaimana bidang-bidang tersebut berjalan dan memenuhi target yang dirumuskan oleh partai selama 5 tahun mendatang,” jelas Bambang Ger.

Yang terakhir, Bambang Ger berharap seluruh mesin struktural partai dari jenjang terbawah yakni anak ranting, ranting, PAC, DPC, hingga DPD mampu secara sinergis menjalankan arahan dan instruksi dari DPP PDI Perjuangan.

“Proses konsolidasi keorganisasian telah tuntas dengan puncaknya, pembentukan struktural DPP di arena Kongres IV lalu, sesuai amanat Ketua Umum, sekarang adalah saatnya, bekerja, bekerja dan bekerja,” pungkas Bambang Ger. (ven)