oleh

Soal Saksi Pengawal Suara Kemenangan Eri-Armuji, Ghoni: Sudah Selesai!

-Berita Terkini-6 kali dibaca

SURABAYA – Sekretaris Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Abdul Ghoni Mukhlas Ni’am menegaskan, persoalan saksi yang bakal mengawal suara kemenangan pasangan calon wali kota-wakil wali kota Surabaya Eri Cahyadi-Armuji sudah selesai.

Pihaknya sudah menyiapkan lebih dari kebutuhan saksi pengaman suara Pilwali Surabaya yang diperkirakan mencapai 5.000 saksi.

“Kebutuhan saksi secara keseluruhan di Surabaya itu kan kurang lebih 5.000 orang. Sementara pengurus kita sampai tataran anak ranting itu secara totalitas ada 6.500 orang. Jadi secara keseluruhan bicara konteks kesiapan saksi sudah selesai,” kata Ghoni, Rabu (9/9/2020).

“Karena kita sudah melakukan konsolidasi di tiap-tiap kecamatan, dari level ranting anak ranting semua sudah selesai,” lanjut Wakabid Pemuda, Olahraga dan Komunitas Seni Budaya DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini.

Ghoni menyebutkan, saksi yang nantinya akan berada di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) diprioritaskan dari kader Partai untuk mempermudah koordinasi di lapangan.

“Kita kan sudah memutuskan paling tidak saksi itu harus kader partai. Paling tidak data-data terkait saksi itu sampai kepada partai sehingga nantinya DPC bisa memutuskan seperti apa langkah selanjutnya,” terang alumnus UINSA Surabaya ini.

Dia tak menampik kemungkinan akan ada pemekaran TPS, mengingat pandemi Covid19 masih belum sepenuhnya berakhir. Namun pihaknya sudah mengantisipasinya, sehingga akan bisa memenuhi berapapun kebutuhan saksi meski pemekaran TPS itu terjadi.

“Pada tahun lalu TPS itu kan kurang lebih 4.000. Tapi di masa pandemi kan diatur jarak, protokol kesehatan juga harus dijalankan. Berarti dimungkinkan akan ada pemekaran , dan kita juga sudah estimasikan gak sampai 6.500 kok. Tapi intinya secara struktural, komponen saksi kita sudah sangat siap,” tegasnya.

Politisi muda yang juga Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Surabaya ini mengajak masyarakat Surabaya untuk mengawal dan memilih pasangan Eri-Armuji di pilkada Desember mendatang.

“Di era kepemimpinan Bambang DH, kemudian Bu Risma, Surabaya ini sudah berjalan di track yang benar. Jadi Eri-Armuji ini untuk meneruskan kebaikan-kebaikan tersebut, paling tidak akan menyempurnakan Surabaya yang lebih maju lagi,” pungkasnya. (rul)

rekening gotong royong