Sidarto Danusubroto: Lawan Kita adalah Hoaks, ‘Haters’ dan Fitnah

JAKARTA – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto mengajak seluruh kalangan intelektual bersama-sama melawan hoaks yang mengemuka selama pemilu.

“Lawan kita adalah hoaks, ‘haters’ dan fitnah. Intelektual supaya melawan hoaks ini,” kata Sidarto saat hadir di acara Deklarasi Alumni Universitas Tarumanegara (Untar) Pendukung Jokowi-Amin di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat.

Sidarto mengatakan bangsa Indonesia harus bersyukur karena pendiri bangsa telah mewariskan negara kebangsaan yang berdasarkan Pancasila.

Dia menekankan keutuhan NKRI yang pro terhadap keberagaman harus dipertahankan sampai kapanpun dan tidak boleh dirusak oleh hoaks.

Lebih jauh terkait sosok kepemimpinan Jokowi, Sidarto mengatakan bahwa Jokowi adalah sosok pemimpin berpengalaman. Politisi PDI Perjuangan ini menekankan Jokowi sudah pernah menjabat sebagai wali kota, gubernur, hingga menjadi presiden.

Menurut dia tidak ada alasan untuk memilih pemimpin yang tidak berpengalaman. “Pak Jokowi itu dari ‘sono’-nya punya watak jujur, sederhana, rendah hati dan pekerja keras,” kata Sidarto.

Sementara itu, deklarasi dukungan alumni Untar yang tergabung dalam Alumni Untar BerSATU kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 01 dihadiri ratusan alumni Untar, relawan dan alumni universitas lain yang mendukung Jokowi-Ma’ruf.

“Kami alumni Untar bersatu menyatakan sikap dan tindakan, bersama sahabat kami dari berbagai alumni perguruan tinggi, kami sehati mendukung Jokowi,” kata Ketua Umum Alumni Untar berSATU Fritz Aritonang.

Fritz menyatakan pihaknya siap melakukan “blusukan” dari pintu ke pintu, untuk membantu Tim Kampanye Nasional (TKN) memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

Deklarasi itu diisi dengan kegiatan berbagai orasi dukungan bagi Jokowi-Ma’ruf, hingga pagelaran seni musik. Hadir dalam kegiatan deklarasi, Ketua TKN Erick Thohir, Dewan Penasihat TKN Diaz Hendropriyono, Dewan Pengarah TKN Sidarto Danusubroto dan Agung Laksono serta politisi PSI Tsamara Amany. (goek)