Siapkan 260 Ribu Saksi, PDIP Jatim Optimis Menangkan Pemilu 2019

SURABAYA – Menghadapi Pemilu 2019, 17 April depan, PDI Perjuangan Jawa Timur sudah menyiapkan 260 ribu saksi. Saksi tersebut akan disebar di semua tempat pemungutan suara (TPS) di Jatim untuk mencegah adanya kecurangan.

Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi mengatakan, 1.612 caleg DPRD kabupaten/kota dan ratusan caleg DPRD Jatim serta DPR RI telah berkonsolidasi. “Seluruh infrastruktur partai sudah siap menyambut pemilu. Kami juga menyiapkan sekitar 260 ribu saksi,” kata Kusnadi, kemarin.

Kusnadi menambahkan, jumlah saksi tersebut memang meningkat dari pemilu sebelumnya. Pasalnya, tiap TPS membutuhkan dua orang saksi. “Para saksi ini sudah diberikan pembekalan sebelum bertugas pada saat pencoblosan nanti,” ujarnya.

“Insya Allah dengan dukungan warga, tokoh agama, tokoh masyarakat, aktivis, kelompok perempuan, komunitas milenial, dan berbagai elemen lain, suara 01 (Jokowi-Ma’ruf) dan PDI Perjuangan kian menanjak menang di Jawa Timur dan Indonesia,” tambah Kusnadi.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari menambahkan, pihaknya memiliki target mendapatkan 27 persen atau 32 kursi dari 120 kursi yang ada di DPRD Jatim. Target ini meningkat delapan persen dari sebelumnya.

“Kalau sebelumnya kita berhasil mendapatkan 19 kursi dari 100 kursi DPRD Jatim, kali ini harus melebihi itu,” ujarnya.

Untari optimistis bisa mendapatkan perolehan kursi sesuai target. Menurutnya, PDIP memilki kader-kader yang siap turun ke bawah untuk meraih suara. “Seluruh lapisan masyarakat kita rangkul,” kata Untari.

Wanita yang juga menjabat Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim ini mengatakan, partainya juga fokus untuk pemenangan Jokowi -Ma’ruf dalam pilpres. Suara PDIP mengikuti suara Jokowi. “Jika Jokowi-Ma’ruf menang kami optimis PDIP juga menang,” katanya. (goek)