Sesuai Tugas Partai, Caleg Terpilih DPRD Jatim dari PDIP Siap Kawal Pemprov

SURABAYA – Kader PDI Perjuangan yang bakal bertugas di DPRD Provinsi Jawa Timur periode 2019-2024 menegaskan siap menjalankan tugas sebagai wakil rakyat sesuai kebijakan Ketua Umum (Ketum) Megawati Soekarnoputri.

“Para caleg terpilih siap menjalankan tugas dari Ketum Ibu Megawati untuk melayani masyarakat demi sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat, dan siap mengawal program Pemprov Jatim,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari, Senin (24/6/2019).

Dalam Pemilu 2019, PDIP resmi menjadi pemenang pemilu legislatif tahun 2019 di Provinsi Jawa Timur, baik untuk tingkat DPRD Provinsi maupun DPR RI. Untuk DPRD Jatim, partai pemenang Pemilu 2014 itu meraup 27 (22,5 persen) dari total 120 kursi.

BACA JUGA:

> Ini, Nama-nama Caleg PDIP Jatim yang Lolos ke Indrapura

> PDIP se-Jatim Total Dukung Megawati

> Pasca Menang Pemilu 2019, PDIP Benahi Struktur Partai

Dengan kemenangan ini, PDIP berhasil menggeser dominasi PKB di DPRD Jatim periode 2014-2019. PDIP dipastikan akan menduduki kursi Ketua DPRD Jatim 2019-2024.

Sebagai kesiapan menjalankan tugas-tugas kedewanan, baik itu legislasi, penganggaran, dan pengawasan, para calon anggota legislatif (caleg) PDIP terplih untuk DPRD Jatim kemarin mengikuti rapat koordinasi dengan DPD PDIP Jatim.

Rakor tersebut, jelas Untari, untuk melakukan persiapan jelang penetapan hingga pelantikan. Juga memberikan bekal bagi kader yang bakal bertugas di instansi DPRD Jatim dengan kendali dari DPD Partai

“Rakor kemarin juga membahas pembagian tugas, pembagian peminatan mereka nantinya di komisi apa, yang sesuai kebutuhan Partai. Pembagian tugas ini setelah mendengar peminatan mereka, lalu disesuaikan dengan kebutuhan partai,” jelas perempuan yang sekarang juga menjabat Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim ini.

Misalnya, papar Untari, bagi caleg terpilih yang selama ini sebagai aktivis buruh, nantinya akan ditempatkan di Komisi E. Jadi melalui rakor ini, teman-teman sudah punya gambaran nantinya apa tugasnya di dewan,” ujarnya.

Menurutnya, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ke depan sangat lengkap bidang yang dikuasainya sebagai bekal tugas-tugasnya nanti.

“Ada yang dari pimpinan DPRD, ada aktivis, tokoh kepemudaan, buruh, perempuan, advokat senior, tokoh pergerakan, jadi sangat lengkap. Sehingga mereka sudah menegaskan siap menjadi petugas Partai di lembaga legislatif,” pungkas politisi asal Kota Malang yang juga kembali terpilih di Pemilu 2019 ini. (goek)