Sesuai dengan Program Mas Novi-Kang Marhaen, Nganjuk Padukan Program Sekolah Gratis Provinsi

NGANJUK – Pemkab Nganjuk menyatakan kesiapannya menjalankan program Gubernur Khofifah yang akan menggratiskan biaya pendidikan SMA, SMK sederajat di 38 Kabupaten, Kota di Jawa Timur.

Seperti diungkapkan Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Jumadi, program tersebut akan dipadukan dengan program Mas Novi dan Kang Marhaen tentang sekolah gratis di Kabupaten Nganjuk.

“Nanti penerapannya akan dilaksanakan di sekolah negeri yang ada di Kabupaten Nganjuk,” kata Kang Marhaen, Jumat (22/2/2019).

Wabup yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini menambahkan, nantinya anggaran sekolah gratis tingkat SMA-SMK sederajat ini diambilkan dari anggaran APBD Provinsi.

Dengan adanya program tersebut, para orangtua tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya untuk membayar iuran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), sebab, seperti yang disampaikan Khofifah, pemerinrah tidak ingin anak-anak di Jawa Timur putus sekolah.

Menurut Marhaen, Khofifah juga berjanji akan memberikan tambahan intensif bagi guru tidak tetap maupun pegawai tidak tetap yang jumlahnya sekitar 21.000 di Jawa Timur. Sementara ini, baru ada sekitar 8.000 yang menerima intensif dari Pemprov Jatim. Program pendidikan gratis ini, sebut Marhaen, merupakan program Pemprov Jatim untuk merealisasikan program Nawacita pemerintahan Jokowi. (endy )