Relawan JKW-JK Unjuk Kreativitas di Taman Bungkul

image

SURABAYA – Ribuan relawan gabungan berbagai kelompok relawan pendukung capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla berbaur dengan masyarakat Kota Surabaya saat even car free day, Minggu (15/6/2014) pagi. Di titik dekat Taman Bungkul Jalan Raya Darmo, mereka menyuguhkan bermacam kreativitas di acara yang dikemas dengan nama Flashmob Kreatif Relawan JKW-JK.

Gabungan relawan JKW-JK itu terdiri dari KAA-ITS, Seknas Jokowi, Orang Muda Pro Bonum, ALu Kembang, Relawan SAlmuk, ALmisbat, Gerak Jokowi, Jasmev, Partai Socmed, Koalisi Parpol JKW-JK, Relawan Nurani, Kawan Jokowi, Bara JP dan lain-lain.

Ribuan relawan JKW-JK ini tumpah ruah berbaur dengan masyarakat Kota Surabaya yang menghabiskan Minggu pagi dengan jalan-jalan kaki atau bersepeda di area car free day. Selain acara Flashmob Kreatif, Relawan JKW-JK ini juga menggelar sablon gratis gambar JKW-JK, foto bingkai bertuliskan “I Stand On the Right Side”.

Didik Prasetyono, koordinator acara mengungkapkan, kegiatan ini untuk menarik simpati masyarakat agar lebih mengenal sosok Jokowi dan Jusuf Kalla.

“Kita juga berharap acara ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih berpartisipasi pada saat coblosan pilpres, 9 Juli depan,” jelas Didik.

Aktivis yang akrab disapa Didong ini menambahkan, acara semacam flasmob kreatif juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih kenal dengan para calon pemimpin mereka. Dia menegaskan, ajang kreativitas ini sebagai bukti bahwa capres yang didukungnya, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla, merupakan dwi tunggal yang lahir dari dan untuk rakyat.

“Dari kegiatan ini, kami tambah yakin, Bapak Jokowi memang menjadi dambaan masyarakat untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan,” tegas Didong.  

Acara yang berlangsung mulai jam 6 hingga 9 pagi itu banyak menarik perhatian warga yang melintas Taman Bungkul. Ibu Riri, warga Kedungdoro memberikan apresiasi buat aksi kreatif para relawan JKW-JK ini.

“Acara-acara semacam ini sangat bagus. Kami disuguhi gambaran sosok pemimpin dengan cara lain. Sekarang zaman anak-anak muda yang bicara. Dan kami pun bisa lebih mengenal Pak Jokowi,” ujar Ibu Riri, sambil tersenyum.

Menurut perempuan satu anak ini, banyaknya dukungan dari berbagai elemen, terutama anak-anak muda membuktikan bahwa Jokowi memang sosok pemimpin yang diterima semua kalangan. “Saya tambah mantap untuk menentukan pilihan saya pada nomor dua,” ungkapnya.

Sementara itu, Saleh Ismail Mukadar, kordinator Relawan Salmuk menegaskan, kreativitas para relawan JKW-JK yang didominasi anak-anak muda menumbuhkan keyakinan akan hadirnya Indonesia baru yang lebih berdaulat, berdikari dan bermartabat. “Anak-anak muda ini menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia mengharapkan pemimpin yang mampu menjadi bagian dari cita-cita rakyatnya,” ujarnya.

Menurut Saleh, peran aktif masyarakat dalam memberikan dukungan terhadap pasangan capres-cawapres Jokowi-Jusuf Kalla akan melahirkan tradisi baru dalam demokrasi Indonesia. “Kalau selama ini kita selalu berharap pada sosok pemimpin yang tegas, tapi mandul, sekarang kita akan melahirkan pemimpin yang bisa bekerja, bekerja dan bekerja untuk kesejahteraan rakyatnya,“ tegas dia sembari menunjukkan dua jari, simbol nomor urut pasangan Jokowi-JK. (set)