oleh

Pesan Risma untuk Anjal Mojokerto: Jangan Sampai Terlibat Narkoba

MOJOKERTO – Menteri Sosial Tri Rismaharini minta anak jalanan (anjal) dan pengamen di Kota Mojokerto, tak terlibat penyalahgunaan narkoba. Ajakan ini dia sampaikan saat mengunjungi Yayasan Mojopahit di Lingkungan Balong Cangkring, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Sabtu (2/1/2020).

 “Semua itu hadapi, jangan lari. Saat dewasa, tua, semuanya harus dihadapi, Jadi ayo dihadapi bersama, tidak ada yang mudah dan tidak ada sulit, ayo buktikan anak anak bisa dibanggakan orangtua,” tuturnya. 

Dia minta anak-anak jalanan tidak malu karena Tuhan tidak pernah melihat siapa orangtua, dan perjuangan sekarang jangan berhenti dan jangan lari.

“Jangan sampai terlibat narkoba karena sekali terlibat narkoba, maka tidak bisa lepas, kecuali kalau memang kekuatan yang besar dan benar-benar ingin lepas,” ujarnya.

Dia berpesan, kalau mau jualan kopi atau membuat sepatu harus siap menghadapi hal yang sulit. Kalau gagal jangan lari, gagal bangkit lagi, sampai kegagalan itu takut.

“Anak muda harus semangat. Saya sendiri tidak memiliki bayangan bisa menjadi wali kota, oleh karena itu mulai sekarang harus jangan lari dan harus dihadapi,” pesannya.

Dalam kunjungannya, Risma sempat mengunjungi rumah-rumah warga yang tinggal di dalam kompleks tersebut, termasuk memberi bantuan bahan pokok.

Gaya blusukan ciri khas Risma tetap sama saat menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Dia berjalan kaki mendatangi tempat tinggal para lansia, tukang becak, pengemis dan anak jalanan.

Mayoritas orang-orang itu tidak mempunyai tempat tinggal sehingga kini mereka menghuni rumah dari Yayasan Majapahit.

“Saya mencoba memetakan yang bisa saya lakukan untuk masyarakat, membutuhkan kita untuk kesejahteraan mereka,” ungkap Risma.

Risma mengatakan, berdasarkan tinjauan inilah akan digunakan sebagai acuan patokan Dinsos dan bantuan dari anggaran Kemensos.

“Nanti kita akan memetakan karena permasalahan (Sosial, Red) di setiap daerah berbeda-beda karena itu saya mencoba memetakan dan mencari solusi dahulu, ” jelasnya.

Usai melakukan kunjungan di Balong Cangkring Mensos bersama rombongan menyempatkan diri mengunjungi permukiman warga di wilayah Sumber Glagah, Pacet, Mojokerto.

Di lokasi yang rata rata penghuninya menderita penyakit kusta, Risma bersama rombongan juga menyempatkan berkunjung ke rumah warga dan memberikan bantuan bahan pokok. (goek)

rekening gotong royong

Komentar