PDI Perjuangan Kembali Berkoalisi dengan PKB di Pilkada Sumenep

pdip jatim - said abdSUMENEP – Sebagaimana pilkada 2010, PDI Perjuangan kembali akan akan berkoalisi dengan PKB dalam Pilkada Sumenep 2015. Saat Pilkada 2010 lalu, koalisi ini berhasil memenangkan pasangan calonnya menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah setempat.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, MH Said Abdullah mengatakan, untuk menghadapi Pilkada Sumenep 2015, pihaknya tetap akan menjalin kerja sama dengan PKB. “Saat ini, kami tinggal menunggu rekomendasi dari DPP PDIP terkait koalisi tersebut,” kata Said Abdullah di Sumenep, kemarin.

Masa jabatan sebagai Bupati-Wakil Bupati Sumenep periode 2010-2015 yang merupakan hasil pilkada langsung setempat pada 2010, akan berakhir pada Oktober 2015.

Pada Pilkada 2010, koalisi PDI Perjuangan dan PKB mengusung pasangan A Busyro Karim-Soengkono Sidik. Namun, untuk kandidat atau figur yang akan diusung pada Pilkada 2015 berbeda dengan Pilkada 2010.

Sesuai hasil penjaringan dan penyaringan kandidat Pilkada Sumenep 2015 serta tahapan lainnya yang dilakukan PDI Perjuangan, kata dia, pihaknya kemungkinan besar akan mengusung A Fauzi pada posisi bakal calon wakil bupati. Sedang untuk posisi bakal calon bupati tetap Busyro Karim yang saat ini menjabat Bupati Sumenep dan juga ketua DPC PKB setempat.

“Sudah ada pembicaraan yang intensif antara kami dengan pengurus PKB. Semuanya memang masih menunggu rekomendasi dari DPP. Namun, duetnya kemungkinan besar adalah Busyro-Fauzi,” ucapnya.

Legislator DPR RI itu juga mengemukakan, rekomendasi DPP PDIP tentang nama kandidat yang akan diusungnya pada Pilkada Sumenep diperkirakan turun pertengahan Juni 2015. Sesuai Peraturan KPU RI Nomor 2 Tahun 2015, Pilkada Sumenep akan digelar 9 Desember 2015. (goek/*)