Patok Target Maksimal di Pilkada Serentak se-Jatim

pdip jatim - sri untari 02SURABAYA – PDI Perjuangan mematok target maksimal dalam pemilu kepala daerah (pilkada) serentak di 19 kabupaten/kota di Jawa Timur Desember 2015 mendatang. Dari 19 pilkada se-Jatim, PDI Perjuangan menargetkan menang di 13 kabupaten/kota.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari mengatakan, target 13 kemenangan Pilkada di Jatim itu cukup realistis. “Karena suara PDI Perjuangan di daerah-daerah tersebut cukup signifikan, dan menjadi basis pada pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014 lalu,” kata Sri Untari, Senin kemarin.

Beberapa daerah yang bakal dimenangkan PDI Perjuangan, sebut Untari, di antaranya Surabaya, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten Malang, Trenggalek, Ngawi, dan Banyuwangi. “Ini tugas partai yang diamanatkan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri pada Kongres IV di Bali beberapa hari lalu. PDI Perjuangan harus bisa memenangkan Pilkada secara maksimal,” tegas Sri Untari.

Untuk memuluskan target tersebut, lanjut politisi asal Kota Malang itu, DPD Jatim dalam waktu dekat mengumpulkan seluruh pengurus DPC se-Jatim. Tujuannya untuk mencari masukan dan mengetahui sejauhmana kekuatan masing-masing daerah dalam menghadapi pilkada serentak.

Perempuan yang juga legislator DPRD Jawa Timur itu menambahkan, terkait pilkada, pihaknya juga akan menggandeng lima lembaga survey untuk melakukan penilaian terkait elektabilitas, popularitas serta dukungan yang diberikan oleh rakyat kepada bakal calon kepala daerah.

Menurutnya, hasil penelitian lembaga survey itu penting sebagai dasar partai menentukan calon yang akan diusung dalam pilkada serentak. “Meski demikian, keputusan tetap pada DPP yaitu pada Ketua Umum PDI Perjuangan yang memiliki hak prerogatif,” tukasnya.

Lembaga survei yang ditunjuk partai itu, lanjut dia, akan bekerja pada akhir April dan selesai pada pertengahan Mei. Dengan demikian, ketika KPU membuka pendaftaran, PDI Perjuangan sudah siap dengan kandidat yang akan diusung. (pri/*)