oleh

Musim Hujan, Inda Raya Ajak Warga Kota Madiun Tanam Pohon

-Berita Terkini, Eksekutif-28 kali dibaca

KOTA MADIUN – Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya mengajak masyarakat untuk menanam pohon di musim penghujan seperti saat ini. Alasannya, musim hujan adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan kegiatan menanam, baik bercocok tanam tanaman semusim maupun tanaman tahunan.

Tanaman semusim merupakan sumber bahan pangan pokok meliputi padi, jagung, kacang-kacangan, umbi-umbian dan sayur-sayuran. Sedangkan tanaman tahunan merupakan komoditi perdagangan atau perekonomian bernilai ekonomi tinggi, yang meliputi tanaman buah-buahan, perkebunan dan kehutanan. 

“Nah, ini musim hujan pas banget buat menanam pohon. Kemungkinan besar pohon yang ditanam bisa tumbuh subur karena kebutuhan air melimpah di musim hujan,” kata Inda Raya, Jumat (5/3/2021). 

Baca juga: Ultah Partai, PDI Perjuangan Jatim Tanam Pohon dan Bersih-Bersih 24 Sungai

Menurut Wakil Ketua Bidang Pariwisata DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini, polusi udara seolah-olah sudah menjadi ‘makanan’ sehari-hari bagi masyarakat di berbagai kota. Jika dibiarkan, polusi udara lama kelamaan bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia. 

Maka itu, perlu adanya langkah pencegahan yang nyata guna mengatasi masalah polusi udara di lingkungan. Di sinilah manfaat menanam pohon tak bisa lagi dipandang sebelah mata.

“Tujuan menanam pohon mungkin tidak bisa langsung kita rasakan dalam waktu singkat. Namun di masa depan, usaha ini akan sangat berguna bagi anak-anak dan cucu kita kelak, agar mereka bisa tumbuh di lingkungan dengan udara yang bersih dan bebas dari penyakit,” urainya. 

Menurutnya, ada banyak manfaat menanam pohon, mulai dari membersihkan udara hingga meredakan stres. Pohon merupakan penyaring udara di bumi. Dengan daun dan batangnya, pohon menyerap gas dan komponen berbahaya di udara lalu mengeluarkan oksigen, yang sangat dibutuhkan manusia dan hewan untuk bernapas. 

“Jadi manfaatnya (menanam pohon, red) itu besar sekali. Tak hanya untuk kita saat ini saja, tetapi juga bermanfaat untuk generasi mendatang. Tanaman tahunan, apapun bentuk, jenis dan varietasnya, adalah pohon. Fungsi dan manfaat pohon ini sangat urgen dan vital bagi keberlangsungan hidup makhluk hidup di muka bumi ini,” pungkasnya. (ant)