Jokowi: Pariwisata Banyuwangi Paling Siap Terapkan New Normal

BANYUWANGI – Presiden Joko Widodo menyebut kabupaten di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi, sebagai daerah yang paling siap menerapkan new normal untuk sektor pariwisata.

“Saya melihat di lapangan, Banyuwangi adalah yang paling siap menuju new normal. Dan peran pemerintah daerah serta peran masyarakat, partisipasinya bagus sekali,” ungkap Jokowi.

Baca juga:

=>70 % Warga Jatim Tak Bermasker, Jokowi: Kirim Masker Sebanyak-banyaknya!

=>Jokowi Minta Dua Minggu ke Depan Angka Covid-19 di Jatim Turun

Hal itu dia sampaikan saat melihat Pantai So Long, Banyuwangi, Kamis (25/6/2020). Kunjungan Jokowi ini untuk melihat pra konsidi sebelum menuju tatanan baru new normal sektor pariwisata.

Mantan Wali Kota Surakarta ini juga mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menyiapkan tatanan new normal.

Jokowi bahkan minta daerah lain mencontoh apa yang sudah dilakukan Kabupaten Banyuwangi perihal tatanan baru untuk sektor pariwisata. “Proses seperti ini patut dicontoh daerah lain,” katanya.

“Dan kita mendukung penuh apa yang dilakukan Bupati Banyuwangi dan Gubernur Jawa Timur dalam rangka menyiapkan sebuah prakondisi menuju ke sebuah tatanan normal baru, sehingga nantinya pada saat waktu yang tepat dibuka betul-betul penuh, masyarakat dan terutama sektor pariwisatanya betul-betul sudah siap,” tambah dia.

Sebelum meninjau prakondisi tatanan normal baru di kawasan seluas tiga hektar itu, Jokowi menerima paparan kesiapan tatanan normal baru pariwisata dari Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Presiden juga tetap mengedepankan protokol kesehatan, dengan mengenakan masker dan pelindung wajah (face shield).

Di kawasan wisata itu, protokol kesehatan diterapkan dengan penyediaan tempat pencucian tangan dan kewajiban penggunaan masker.

Kepala Negara kemudian melihat pagelaran kebudayaan daerah di Pantai So Long, dengan latar belakang pemandangan laut lepas. Tempat hunian di pantai itu berbentuk rumah adat Osing.

Sebelum ke So Long, Jokowi di Banyuwangi meninjau dan menyapa masyarakat di Pasar Pelayanan Publik Rogojampi.

Dalam kunjungan kerja perdana di tengah persiapan adaptasi normal baru ini, Jokowi didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menko Polhukam Mahfud MD, Sekab Pramono Anung, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Menkes Terawan Agus Putranto, dan  Gubernur Jatim Khofiah. (goek)