Jokowi-Ma’ruf Unggul, Vox Populi: Karena Masyarakat Puas Kinerja Pemerintah

JAKARTA — Memasuki masa kampanye terbuka, elektabilitas pasangan capres cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul 20 persen lebih dibandingkan pasangan capres cawapres nomor urut 02.

Itu hasil survei yang digelar Vox Populi Research Center pada 5 hingga 15 Maret 2019.

“Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 54,1 persen, sementara elektabilitas Prabowo-Sandiaga 33,6 persen,” ungkap Direktur Riset Vox Populi Research Center Dika Moehamad dalam siaran pers kepada media, Senin (25/3/2019).

Adapun jumlah responden yang memilih tidak tahu/tidak menjawab sebesar 12,3 persen.

Dika mengatakan, tingginya selisih elektabilitas antara Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga disebabkan tingginya kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

“Tingginya kepuasan terhadap kinerja pemerintah terkonversi dalam elektabilitas Jokowi yang jauh mengungguli Prabowo-Sandiaga, yakni terpaut 20 persen,” ujar Dika.

Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 1.200 orang mewakili 34 provinsi, kemudian dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka melalui kuisioner.

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin of error sebesar 2,9 persen.

Sementara itu, pada Senin (25/3/2019) ini, Jokowi akan melakukan kampanye terbuka atau rapat umum di Jawa Timur.

Hari ini adalah hari kedua masa kampanye terbuka.

Berbeda dengan kampanye terbuka pada hari pertama di Banten, Minggu (24/3/2019), kali ini Jokowi tak akan didampingi calon wakil presiden Ma’ruf Amin.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan, ada tiga kabupaten yang akan dikunjungi Jokowi di Jawa Timur.

“Hari ini ada tiga lokasi, di Banyuwangi, Jember dan Malang,” kata Hasto, Senin (25/3/2019).

Jokowi akan memulai dari Bayuwangi terlebih dahulu. Kampanye akan dipusatkan di sekitar alun-alun Bayuwangi.

Dari Banyuwangi, Jokowi dan tim akan bergerak ke Gelanggang Olah Raga (GOR) Jember. Terakhir, baru lah Jokowi dan tim menutup kampanye hari ini di GOR Ken Arok, Malang.

“Kami yakin bisa menang tebal di Jember,” tegas Hasto. (goek)