Jokowi Harus Pandai Kelola Dukungan Parpol

pdip-jatim-ahmad-basarahJAKARTA — Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengapresiasi langkah Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie yang telah mendeklarasikan dukungannya kepada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Dengan semakin banyaknya partai mendukung pemerintah, Basarah berpesan agar Jokowi bisa mengelola baik dukungan tersebut. Sebab, tidak ada jaminan, dengan bergabungnya Golkar akan membuat pemerintahan semakin stabil.

“Yang penting, Presiden Jokowi harus pandai mengelola dukungan parpol-parpol tersebut, sehingga akan menghasilkan lebih banyak energi positifnya daripada dampak negatifnya,” kata Basarah, Rabu (27/1/2016).

Dia berharap dukungan dari kubu Aburizal tersebut didasari sebuah niat baik untuk menyukseskan pembangunan nasional di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

Legislator DPR RI asal dapil 5 Jawa Timur itu juga menganggap, dukungan dari Partai Golkar kubu Aburizal itu akan lebih sempurna jika konflik di partai berlambang pohon beringin itu usai.

“Dengan demikian, dukungan tersebut akan bersifat kelembagaan secara utuh dan komprehensif dan legitimate, baik secara hukum maupun secara politik,” ujarnya.

Deklarasi dukungan Golkar kubu Aburizal terhadap pemerintah disampaikan dalam penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di JCC Senayan, Jakarta, Senin (25/1/2016) malam.

Pernyataan dukungan diserahkan Aburizal kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang hadir dalam acara tersebut. Wakil Presiden Jusuf Kalla turut menyaksikan deklarasi dukungan itu. (goek/*)