Jokowi: Caleg Terpilih Harus Tetap Merakyat

Jokowi di Sibec ITC 290614-1JAKARTA – Presiden terpilih Joko Widodo mengingatkan kader PDI Perjuangan yang terpilih sebagai wakil rakyat, baik di DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota pada pemilihan umum legislatif (Pileg) 2014 agar tidak melupakan konstituennya. Juga tidak melupakan janji saat kampanye.

Menurut Jokowi, kecenderungan para caleg terpilih cenderung lupa dengan masyarakat yang telah memberikan suaranya. Termasuk lupa dengan janji-janji yang pernah diucapkan sebelumnya. “Karena sudah nikmat sama menangnya itu, lupa turun ke rakyat, dekat ke masyarakat, turun ke kampung,” ujar Jokowi, di GOR Jakarta Utara, Minggu (31/8/2014).

Kemenangan PDI Perjuangan pada pileg 2014, sebut Jokowi, diraih dengan kerja keras seluruh mesin partai. Dia berpendapat, masyarakat memberikan kepercayaan pada PDI Perjuangan karena bukti konkret turun ke bawah selama masa kampanye dan menyampaikan program yang rasional serta berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

Kepercayaan masyarakat itu, kata Jokowi, harus dijaga dengan cara bekerja menyerap aspirasi publik dari tingkat ke bawah dan menyikapinya dengan sebuah kebijakan yang memihak pada masyarakat. Tanpa bukti kerja itu, Jokowi yakin kemenangan di tahun ini sulit dipertahankan di pemilu selanjutnya. (pri/*)