Jokowi Ajak Masyarakat Jajal Tol Trans Jawa sebagai Rute Liburan

JAKARTA – Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengajak masyarakat untuk menjajal jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya sejauh 760 km. Jokowi mengungkapkan ajakan ini melalui unggahan di akun resmi Twitter miliknya, @ jokowi pada Sabtu (29/12/2018).

“Dari Jakarta, Semarang, sampai Surabaya, ada pilihan rute liburan. Selain jalan biasa, ada Jalan Tol Trans Jawa yang sambung menyambung 760 km,” tulis Jokowi dalam twitnya.

“Jalannya mulus, pemandangannya indah: gunung, sawah, desa-desa, simpang susun, jembatan, kuliner lokal di rest area. Selamat berlibur,” ungkap Jokowi.

Adapun, Jalan Tol Trans Jawa ini memiliki tujuh ruas jalan, antara lain Tol Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, Porong-Gempol, dan Gempol-Pasuruan.

Hal menarik, jika Anda bepergian dari Jakarta-Surabaya, jarak tempuhnya diperkirakan sekitar 10 jam. Sementara, unggahan itu juga menampilkan keindahan pemandangan alam saat bepergian melalui jalan tol Trans Jawa.

“Berlibur akhir tahun melalui tol Trans Jawa membuat perjalanan jadi cepat, indah, dan menyenangkan,” ujar Jokowi dalam video berdurasi 56 detik itu.

Selain itu, di jalur jalan tol ini, Anda bisa menjumpai area Simpang Susun dengan jalan yang berbelok tersusun sedemikian rupa, Jembatan Kalikuto, dan Jembatan Tuntang. Masyarakat juga bisa mencicipi kuliner khas daerah di beberapa tempat makan yang terdekat dengan Jalan Tol Trans Jawa. (kompas)