Jelang Musim Mudik, Legislator Ini Dorong Desa Bentuk Satgas Tanggap Covid-19

SUMENEP – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumenep, Darul Hasyim Fath mendorong desa untuk lebih proaktif dalam menangkal virus Corona (Covid-19). Darul menilai peran desa sangat vital dalam menjaga kondusivitas masyarakat.

“Desa adalah ujung tombak membangun kesadaran warga menjaga diri dan kawasan dari ancaman pandemi Covid-19. Kesadaran warga untuk jaga kondisi tubuh, kebersihan lingkungan,” ujar Darul, Sabtu (18/4/2020).

Menurut Ketua Komisi I DPRD Sumenep ini, kesadaran masyarakat desa juga bisa mengeleminir penyebaran yang dimungkinkan dibawa orang yang baru mudik. Dia menyebut aparat desalah yang paling tahu dan paham akan kondisi orang yang keluar-masuk.

“Sangat mungkin, lalu lalang warga yang terus berdatangan dari tanah rantau membawa Covid-19. Karena itu, desa harus punya protokol yang ketat,” jelas Darul.

Legislator yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPC PDI Perjuangan Sumenep ini juga mendorong desa membentuk Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Covid-19. Sesuai instruksi DPP, tambah Darul, desa harus mengantisipasi para pemudik.

“DPP PDI Perjuangan menginstruksikan untuk stop mudik atau menunda mudik sampai wabah mereda. Tapi kita tidak bisa melarang atau menahan mereka untuk mudik. Makanya, aparat desa harus membentuk Satgas Tanggap Covid-19,” bebernya.

Politisi asal Kepulauan Masalembu ini juga menjelaskan, Satgas Covid-19 bentukan desa ini harus memberlakukan protokol kesehatan pemerintah. Orang baru datang harus diperiksa.

“Jika memang ODP (orang dalam pemantauan), ya harus dikarantina. Dengan prosedur ini, masyarakat merasa aman dan nyaman. Mereka tak perlu panik atau menolak kedatangan saudaranya,” pungkas Darul. (set)