Hubungan PDI Perjuangan-PKB Sangat Dekat

Deklarasi Parpol Pendukung JokowiSURABAYA – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani mengibaratkan antara PDI Perjuangan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) seperti buah semangka, dimana kulitnya hijau dan buahnya berwarna merah. Hal itu menurut Puan, menggambarkan dekatnya hubungan antara PDI Perjuangan yang identik warna merah dengan PKB yang bernuansa hijau.

“Buah semangka itu luarnya hijau, tapi dalamnya merah,” kata Puan, saat diberi kesempatan berpidato di acara Muktamar PKB di Empire Palace, Surabaya, Minggu (31/8/2014).

Kedekatan dua parpol ini, ungkap Puan, sudah dimulai sejak era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dan Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri dulu. Saat itu, kenang Puan, dirinya dan Ketua Umum PKB saat ini, Muhaimin Iskandar, masih terbilang junior.

Selama era pemerintahan SBY, jelas Puan, PDI Perjuangan dan PKB harus berpisah karena beda pilihan politik. PKB bergabung dengan koalisi pemerintah SBY, sementara PDI Perjuangan di luar pemerintahan.

Menjelang pemilu presiden 2014, tambah Puan, PDI Perjuangan dan PKB kembali dalam satu barisan mengusung pasangan Jokowi-JK yang akhirnya menang. Dia berharap, PDI Perjuangan, PKB dan partai koalisi lainnya dalam parlemen mendatang bisa mendukung pemerintahan Jokowi-JK untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Dalam pidatonya, Puan juga menyinggung soal transisi pemerintahan. Menurut dia, Jokowi membuka pintu seluas-luasnya untuk berkomunikasi dengan Presiden SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat untuk transisi pemerintahan.

Hingga kini, kata Puan, pintu komunikasi masih terus dibuka. “Kita harus biasakan dalam berpolitik harus baik dan santun,” ucapnya.

Politisi yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini juga menyampaikan salam dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Menurut Puan, kehadirannya di arena Muktamar PKB atas perintah Megawati.

Selain Puan, juga hadir Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum PKPI Sutiyoso. Tampak hadir juga Sekjen Partai Hanura Dossy Iskandar. Wakil Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa. (pri)