ER: Jangan Gadaikan Demokrasi demi Uang

pdip-jatim-Eddy-RumpokoBATU– Wali Kota Batu Eddy Rumpoko ingatkan warga tidak menggadaikan demokrasi demi uang atau sarung saat pemilihan kepala daerah (Pilkada). Karena hal itu akan merugikan warga.

ER, panggilan akrab Eddy Rumpoko mengingatkan warga supaya tidak memilih pemimpin hanya karena iming-iming uang atau barang seperti sarung misalnya. Pesan itu disampaikan ER saat menyerahkan dana insentif bagi guru ngaji, penghafal Quran, dan juru kunci makam, di masjid Block Office Kantor Pemkot Batu, Selasa (15/3/2016) malam.

“Bapak, ibu, sebentar lagi kita akan pesta demokrasi. Saya pesan agar nanti jangan mau disogok. Seperti dikasih uang atau sarung,” kata ER saat memberikan sambutan.

ER mengatakan, yang dibutuhkan di Kota Batu adalah sosok pemimpin daerah yang mau bekerja.  Karena itu, dia berpesan kepada warga supaya tidak terpengaruh dengan iming-iming pemberian uang maupun barang saat kampanye.

“Kota Batu butuh orang yang mau kerja. Saya dulu juga tidak memberi apa-apa waktu kampanye,” kata pria yang masih menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini.

ER menyebutkan, dirinya menjadi kepala daerah dua periode tidak memberikan apa-apa saat kampanye.

Pada saat dilakukan penjaringan bakal calon oleh DPC PDIP Kota Batu dan nama istrinya disebut-sebut, ER secara tegas menyatakan tidak ingin istrinya maju dalam pilkada.

“Secara pribadi saya tidak mengizinkan  (Dewanti-red) maju pilkada. Biar kader lain saja, karena banyak kader kami yang potensial,” kata ER.

Dorongan kepada Dewanti Rumparin Diah untuk maju dalam pilkada nampak menguat. Setelah beberapa tokoh masyarakat merapat, giliran pengurus parpol juga mengajukan keinginannya mengusung Dewanti. Salah satunya adalah DPD Gerindra Kota Batu.

Sementara itu, Dewanti mengatakan kesiapannya untuk meramaikan pilkada Kota Batu. Namun kesiapannya tetap bersyarat. Yakni, asalkan mendapat izin suamidan dikehendaki masyarakat serta partai.

“Di Kabupatèn Malang saja siap, kenapa di sini (Kota Batu-red) tidak?” Kata Dewanti.

Dia tahun lalu memang maju sebagai calon bupati Kabupaten Malang namun kalah. Saat ini Dewanti tercatat sebagai salah satu Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. (sa)