DPP PDI Perjuangan Tempati Kantor Baru

image

JAKARTA – DPP PDI Perjuangan Senin (1/6/2015) menempati kantor baru. Jika sebelumnya bermarkas Jalan Raya Lenteng Agung, mulai hari ini berpindah ke Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, peresmian akan dilaksanakan secara sederhana oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Kantor ini merupakan simbol kedaulatan partai. Aspek inilah yang coba diruntuhkan oleh kekuasaan otoriter pada saat itu. Peristiwa 27 Juli 1996 menjadi momentum ketika suara arus bawah menjadi tonggak demokrasi berhadapan kekuasaan otoriter orde baru,” kata Hasto, Minggu (31/5/2015) malam.

Kantor berdiri di atas lahan seluas 6.800 meter persegi itu tak lain merupakan kantor lama. Saat zaman Orde Baru, kantor tersebut diambil alih Soerjadi, Ketua PDI versi pemerintahan Soeharto.

Bangunan baru yang akan diresmikan itu tampak megah dengan nuansa merah-putih. Lima pilar juga tampak kokoh dipasang di bangunan tersebut sebagai simbol Pancasila. Sedang lambang PDI Perjuangan, yakni banteng hitam dengan moncong putih terpasang tepat di tengah bangunan.

Hasto menambahkan, kantor baru tersebut menjadi monumen hidup yang menempatkan watak dan jati diri PDI Perjuangan yang berasal dari kekuatan rakyat. Kehadiran kantor dengan letaknya yang strategis itu diharapkan mampu meningkatkan fungsi koordinasi PDI Perjuangan sebagai partai pengusung pemerintah.

Dia juga menjelaskan bahwa pembangunan kantor partai yang menelan biaya Rp 42,6 miliar itu uangnya berasal dari gotong royong kader dengan masyarakat. Di antaranya melalui berbagai bentuk kegiatan pengumpulan dana selama 5 tahun terakhir. (goek)