Bumi Majapahit Milik Jokowi-JK

JokowiJK - PrabHattaMOJOKERTO – Sebagaimana di daerah lain, pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla mengungguli pasangan Prabowo-Hatta di Kabupaten dan Kota Mojokerto. Kemenangan pasangan nomor urut dua ini dipastikan setelah Rabu (16/7/2014), KPU setempat menyelesaikan rekapitulasi hasil pemilu presiden 9 Juli lalu.

Dalam rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Mojokerto, pasangan Jokowi-JK ditetapkan menang mutlak. Pun di Kota Mojokerto, sesuai rekapitulasi KPU, raihan suara Jokowi-JK tak terkejar pesaingnya.

Pasangan yang diusung PDI Perjuangan, PKB, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan PKPI itu memperoleh suara tertinggi dengan menguasai suara di 17 kecamatan di antara 18 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Sedan Prabowo-Hatta hanya unggul di Kecamatan Ngoro.

“Sesuai rapat pleno terbuka rekapitulasi pilpres ini, kami tetapkan, pilpres di Kabupaten Mojokerto dimenangkan pasangan Jokowi-JK,” kata Ketua KPU Ayuhanafiq.

Total perolehan suara Jokowi-JK mendapat 370.265 suara atau 58,7 persen, sedangkan Prabowo-Hatta 260.355 suara atau 41,3 persen. “Rekapitulasi sudah selesai, selanjutnya kami serahkan ke KPU Jatim,” ujarnya.

Yuhan M Sholeh, saksi pasangan Jokowi-JK, mengapresiasi kinerja KPU Kabupaten Mojokerto. Selama bertugas, penyelenggara pilpres itu bekerja profesional dan mengedepankan netralitas.

Namun, dia mengritik kinerja panwaslu (panitia pengawas pemilu) setempat. Menurut dia, kinerja mereka kurang independen. “Seharusnya panwaslu tegas memutus mana yang salah dan mana yang tidak,” katanya.

Tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Mojokerto cukup tinggi. Di antara 818.059 orang yang terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap), DPTB (Daftar Pemilih Tetap Tambahan), DPK (Daftar Pemilih Khusus), dan DPKTB (Daftar Pemilih Khusus Tambahan), jumlah pemilih yang menyalurkan hak pilih mencapai 638.833 orang atau 78 persen.

“Tingkat partisipasi pilpres ini naik dua angka dibandingkan dengan pileg April lalu yang hanya sekitar 76 persen,” tambah Sholeh.

Juga Unggul di Kota Mojokerto

Sementara itu, KPU Kota Mojokerto juga mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi pilpres 2014 Rabu (16/7/2014) malam. Rapat tersebut dilaksanakan di Hotel Raden Wijaya Kota Mojokerto mulai pukul 20.00.

Ketua KPU Kota Mojokerto Saiful Amin mengungkapkan, dalam tahap rekapitulasi di tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), tidak ditemukan adanya masalah, baik di PPK Magersari maupun PPK Prajurit Kulon.

Data KPU Kota Mojokerto menyebutkan, pasangan nomor urut 2 Jokowi-JK meraih 41.504 suara atau 55,9 persen. Prabowo-Hatta memperoleh 32.706 suara atau setara 44,1 persen. Di antara dua kecamatan di Kota Mojokerto, Jokowi-JK mendominasi.

Di Kecamatan Prajurit Kulon Jokowi-JK mendapat 18.230 suara dan pasangan Prabowo-Hatta 14.839 suara.Sementara di Kecamatan Magersari, pasangan Jokowi-JK meraup 23.274 suara dan pasangan Prabowo-Hatta 17.867 suara. (pri/*)