Bertemu Prabowo, Megawati: Tak Ada Koalisi dan Oposisi

JAKARTA – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, dalam ketatanegaraan Indonesia, tidak mengenal istilah koalisi dan oposisi.

“Tidak ada koalisi, tidak ada oposisi di dalam sistem ketatanegaraan kita,” ucap Megawati usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Dia menuturkan, perbedaan dalam sikap politik itu biasa saja. Dirinya pun mempersilakan. “Tapi kalau berbeda hanya karena pilihan. Itu ya monggo (silakan) saja,” ungkap Megawati.

Karenanya, masih kata dia, diperlukan dialog untuk membahas dan menyatukan perbedaan. Meskipun, lanjut Megawati, untuk membicarakan ini, semuanya berada di tangan Presiden Jokowi.

“Yang namanya dialog itu diperlukan. Tapi saya bilang bahwa, semuanya adalah keputusan nanti Presiden terpilih. Karena pada beliaulah hak prerogatif itu. Bukan pada saya. Kalau menyampaikan usul, saran, saya bisa sampaikan. Begitu juga dari teman-teman yang lain,” jelasnya.

Kedatangan Prabowo di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat disambut langsung oleh Megawati.

Prabowo tiba dengan mengendarai sebuah mobil Toyota Alphard berwarna putih dengan ditemani, kader Gerindra Edhie Prabowo. “Hallo,” kata Prabowo memberi salam kepada wartawan yang menunggu kedatangannya.

Megawati yang memakai baju batik paduan merah dan kuning keemasan lalu menyambutnya. Presiden RI Kelima itu ditemani Kepala BIN Budi Gunawan, putra dan putrinya M Prananda Prabowo dan Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Seskab Pramono Anung.

Setelah saling memberi salam serta memberi kesempatan kepada awak media mengambil gambar, Megawati lalu mengajak Prabowo masuk ke dalam rumahnya. Media massa diminta untuk tak meliput suasana dan isi pertemuan mereka.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, menyampaikan Megawati menyiapkan menu khusus untuk makan siang bersama dengan Prabowo. Disebutnya, Prabowo sudah kangen dengan masakan Megawati.

Pada Pemilu 2009 lalu, Megawati berpasangan dengan Prabowo sebagai calon presiden-calon wakil presiden. (goek)