Award Tokoh Bangsa untuk Alm Taufik Kiemas

Penyerahan UMM AwardMALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan UMM Awards untuk tokoh bangsa, yang kali ini diterima almarhum Dr H Taufik Kiemas. Secara simbolis, penghargaan itu diserahkan Ketua Dewan Pembina UMM Prof H Malik Fadjar kepada Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan yang juga istri Taufik Kiemas, di UMM Dome, Selasa (17/6/2014).

Di depan sedkitnya 5.000 mahasiswa UMM yang berkumpul di UMM Dome, Malang, Jawa Timur. Megawati hadir di UMM untuk memberikan orasi kebangsaa, kuliah umum dalam ulang tahun ke-50 UMM.

Rektor UMM Muhadjir Effendy menjelaskan, dipilihnya sosok Taufik Kiemas karena UMM menilai tingginya dedikasi dalam memperjuangkan ide dan nilai-nilai kebangsaan selama hidupnya. “Pak Taufik konsisten dengan nilai-nilai Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945 sebagai pilar kebangsaan yang senantiasa dijaga dalam langkahnya, ” jelas Muhadjir.

Selain itu, tambah dia, Taufik adalah juga kader Muhammadiyah. “Pada masa mudanya, almarhum Pak Taufik sudah aktif di organisasi Pemuda Muhammadiyah, dan banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan Muhammadiyah, juga bangsa,” kata Muhadjir, dalam sambutannya.

Megawati menyambut haru penghargaan yang diberikan pada mendiang suaminya ini. “Ini suatu penghargaan yang luar biasa. Selama 40 tahun lebih kami berumah tangga, hampir setiap hari yang kami perdebatkan adalah soal kebangsaan, bukan hal pribadi. Dedikasi kami karena punya cita-cita yang sama tentang bagaimana membangun Indonesia merdeka ini sebagaimana terlukiskan dalam pembukaan UUD 1945, ” ujar Mega dalam pidatonya.

Menurut Mega, sosok Taufik Kiemas penting untuk langkah-langkahnya meraih cita-cita ideal dalam mengisi Indonesia merdeka.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Dewan Pembina UMM Malik Fadjar kepada Megawati usai memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa UMM. Selain itu, pihak UMM juga memberikan lukisan Taufik dan Mega sebagai cenderamata. (sa)