Anies: SBY yang Pertama Ucapkan Selamat ke Jokowi

sby saat buka puasa dgn jokowi dan prabowoJAKARTA — Komisi Pemilihan Umum menetapkan dan mengumumkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pemilu Presiden 2014. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disebut sebagai orang pertama yang menelepon Jokowi dan mengucapkan selamat atas hasil pemilu presiden itu.

“SBY dan (Wakil Presiden) Boediono sudah memberikan selamat kepada Jokowi yang dinyatakan KPU sebagai pemenang Pilpres 2014,” kata juru bicara tim pemenangan Jokowi-Kalla, Anies Baswedan, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (23/7/2014) dini hari.

Menurut Anies, Presiden SBY sudah menelepon saat Jokowi masih berada di Gedung KPU di Jakarta Pusat, seusai mengikuti rapat pleno terbuka KPU untuk rekapitulasi nasional Pemilu Presiden 2014.

“SBY adalah penelepon pertama yang memberikan selamat pada kemenangan Jokowi. SBY menelepon pasca-pengumuman, saat berada di tangga KPU,” papar Anies.

Anies pun menyatakan apresiasinya atas telepon dan ucapan selamat dari Presiden SBY tersebut. “Tradisi demokrasi yang sehat dan menghormati seperti ini harus terus dijaga,” kata dia.

Menurut Anies, apresiasi SBY dan Boediono tersebut juga merupakan pesan positif bahwa demokrasi dalam Pemilu Presiden 2014 ini telah berjalan dengan baik.

Sebelumnya juga diberitakan, Jokowi mengatakan telah menerima telepon dari Presiden SBY. Jokowi menyampaikan hal itu ketika diwawancara oleh salah satu stasiun televisi swasta, seusai menyampaikan pidato perdana sebagai presiden terpilih hasil Pemilu Presiden 2014 di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (24/7/2014) malam.