oleh

2021, Jokowi Optimis Indonesia Mampu Bangkit dari Pandemi Covid-19

JAKARTA – Presiden Joko Widodo yakin Indonesia mampu bangkit dari pandemi Covid-19 pada tahun 2021. Optimisme Jokowi ini disampaikan dalam pidatonya menyambut tahun baru 2021, Kamis (31/12/2020). 

“Memasuki tahun 2021 saya yakin negara kita Indonesia mampu bangkit dan melakukan banyak inovasi,” kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden. 

Jokowi menyebut tahun 2020 sebagai krisis terberat dalam sejarah dunia. Hal ini tidak lain diakibatkan pandemi virus corona. 

Akibat wabah tersebut, banyak orang yang kehilangan pekerjaan, bahkan kehilangan nyawa karena terinfeksi virus. “Banyak orang kehilangan pekerjaan, banyak orang kehilangan nafkah, yang membuat tahun 2020 merupakan krisis terberat dalam sejarah dunia,” kata Jokowi.

Baca juga: Akhir Tahun Covid Masih Meninggi, Ini Pesan Pimpinan PDI Perjuangan Jatim

Sejak awal Maret 2020, Indonesia juga menjadi satu dari 215 negara di dunia yang melaporkan adanya kasus Covid-19. Namun demikian, menurut Jokowi, Indonesia mampu menghadapi pandemi ini. 

Pemulihan ekonomi setahap demi setahap telah membaik. Hal ini tampak dari catatan pertumbuhan ekonomi Tanah Air di kuartal ketiga dan keempat tahun 2020. 

Investasi baru pun mulai bermunculan. Dia yakin, investasi akan menggerakkan ekonomi masyarakat dan industri masa depan sehingga peluang kerja meningkat dan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik. 

“Dengan ketegaran kita tetap bisa tegak menjalankan roda kehidupan, kita mampu beradaptasi dengan cara-cara baru agar wabah ini bisa kita batasi dan permasalahan perekonomian bisa kita selesaikan satu demi satu,” ujar Jokowi. 

Meski ada indikasi perbaikan ekonomi, Jokowi menekankan bahwa wabah Covid-19 harus betul-betul dihentikan. Dia berjanji, pemerintah akan terus bekerja keras mengendalikan pandemi. 

Upaya penghentian pandemi dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan program vaksinasi. “Vaksinasi segera dilakukan di pertengahan Januari 2021. Ini untuk mencapai herd immunity, kekebalan komunal sehingga penyebaran Covid-19 bisa kita hentikan,” kata Jokowi. 

Meski demikian, Jokowi minta seluruh warga terus disiplin dalam mengatasi penyebaran kasus Covid-19 ini. Dia ingin publik tidak lengah atau menganggap remeh virus corona. 

Jokowi juga minta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

“Bersama-sama Insya Allah kita mampu mengatasi ujian berat ini. Tahun 2021 akan menjadi catatan sejarah sebagai tahun pemulihan kehidupan kita semua,” tuturnya. (goek)

rekening gotong royong

Komentar