120 Anggota DPRD Jatim Dilantik, Kusnadi Ketua Sementara

SURABAYA – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi terpilih sebagai Ketua Sementara DPRD Provinsi Jatim  masa jabatan 2019-2024.

Penetapan ketua sementara dilakukan dalam sidang paripurna dengan agenda pengambilan sumpah dan janji 120 anggota DPRD Jatim 2019-2024 di Gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura, Surabaya, Sabtu (31/8/2019).

Sekretaris DPRD Jatim Ahmad Jailani mengatakan, ketua sementara berasal dari partai politik peraih suara terbanyak di Jatim, yakni PDI Perjuangan.

Baca juga: Wajah Baru Legislator PDIP DPRD Jawa Timur

Dalam menjalankan fungsinya, Kusnadi didampingi wakil ketua sementara dari parpol peraih suara terbanyak kedua hasil Pemilu Legislatif 2019 di Jatim. Yakni Fauzan Fuadi asal PKB.

Pada kesempatan tersebut, Kusnadi secara simbolis menerima palu dan buku memori dari Ketua DPRD Jatim masa jabatan 2014-2019, Abdul Halim Iskandar dan disaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak.

Setelah menerima palu dan buku memori, Kusnadi dan Fauzan Fuadi menempati kursi ketua dan wakil ketua untuk kemudian memimpin sidang.

Menurut dia, tugas pimpinan dewan sementara adalah memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib serta memproses pimpinan DPRD definitif.

Kusnadi mengatakan, rapat perdana para wakil rakyat setelah pengambilan sumpah dan janji yakni dijadwakan pada Selasa (3/9/2019). Agendanya, seperti rapat dengan perwakilan partai politik di DPRD Jatim dan agenda pembentukan fraksi yang memang sangat mendesak.

“Kami harapkan pada Kamis, 5 September 2019 sudah paripurna penetapan fraksi, kemudian selambat-lambatnya 20 September sudah dilakukan pengambilan sumpah pimpinan DPRD Jatim definitif,” kata Kusnadi. (set)